Bahan Makanan Pendongkrak Daya Ingat

Bahan Makanan Pendongkrak Daya Ingat

Bahan Makanan Pendongkrak Daya Ingat

Ketika sirkulasi darah menurun, dan kualitas vaskularisasi darah ke otak kurang optimal, saat itulah Anda mungkin akan diserang gejala lupa. Anda jadi sulit konsentrasi, lupa mengingat “to do list  “, atau sulit mengingat kata-kata.

Selain dengan menghindari stres, istirahat yang cukup, dan melakukan brain gym, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Beberapa bahan makanan yang dipercaya dapat mendongkrak daya ingat adalah:

Ginseng
Ginseng memang lebih dikenal sebagai tanaman herbal untuk kesehatan dan stamina. Namun fakta ilmiah menunjukkan bahwa ginseng juga memiliki manfaat bagi optimalisasi otak. Manfaat ginseng bagi otak khususnya berkat kandungan saponin yang juga meningkatkan kerja otak.

Omega 3
Otak juga memiliki salah satu asam lemak esensial penyusun sel otak, yakni omega 3 (EPA dan DHA). Suplemen omega 3 umumnya diperoleh dari ekstraksi lemak ikan salmon yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan saraf, serta memperlancar peredaran darah ke otak. Bahan makanan lain yang mengandung asam lemak omega 3 antara lain tuna, kacang-kacangan (walnut, kacang mede, almon, pistachio, pecan), minyak ikan, dan telur omega 3. Baca Juga Tips Makanan Yang Bergizi Untuk Tubuh.

Cistanche
Cistanche atau bahan cistanche tubulosa  dari tanaman cistanche yang berasal dari China bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, cistanche juga meningkatkan produksi neurotransmitter  yang merupakan zat penghantar impuls saraf (di dalam sel otak juga termasuk AChE atau acetylcholinesterase ) yang mempercepat proses penyampaian informasi dalam otak.

Ginkgo biloba
Tanaman yang terkenal dari Jepang dan China ini kerap dikaitkan dengan suplementasi peningkat daya ingat. Kandungan buah ginkgo dipercaya dapat mengencerkan darah sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan juga otak. Hal ini dapat meningkatkan aliran oksigen ke sel-sel dalam otak, sehingga dapat bekerja lebih baik. Selain dipercaya sebagai herbal peningkat daya ingat, ginkgo biloba juga dimanfaatkan sebagai anti radikal bebas dan penurun risiko pembekuan darah. Nutrisi Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *