Buah Pare Untuk Kesehatan

Buah Pare Untuk Kesehatan

Buah Pare Untuk Kesehatan

Buah pare memang sudah cukup dikenal di seluruh Indonesia sebagai buah yang kerap dijadikan bahan dalam memasak berbagai jenis makanan. Buah pare ini juga kerap dianggap sebagai sayur-mayur. Buah pare ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Buah pare ini berasal dari wilayah Asia Tropis. Mereka lebih banyak ditemukan di daerah India Barat, seperti di Assam dan Burma. Latin Momordica adalah nama latin dari tumbuhan buah pare ini. Warna dari buah pare ini adalah hijau kekuningan dan akan berwarna agak atau sedikit kemerah-merahan ketika sudah masak. Buah satu ini memang memiliki rasa pahit tetapi mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat yang diberikan buah pare pada tubuh Anda:

1. Khasiat buah pare untuk menekan pertumbuhan sel kanker
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh pusat kanker University of Colorado menunjukkan kesimpulan bahwa pertumbuhan kanker pankreas dapat dihambat dengan menggunakan buah pare. Kandungan di dalam buah pare lah yang dibutuhkan oleh pankreas karena dapat mempengaruhi metabolisem glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker.

Biasanya kebanyakan kanker pankreas ini didahului dengan menderita penyakit diabetes. Sedangkan jus pare ini sudah terbukti sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Percobaan mengenai pemberian jus pare pada penderita diabetes sudah pernah diuji coba pada tikus yang menderita kanker pankreas. Percobaan ini menunjukkan bahwa jus pare ini dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 60 persen.

2. Manfaat buah pare untuk mempercantik kulit
Kebanyakan masalah kulit dikarenakan terik matahari yang membakar kulit wajah Anda. Dengan keadaan seperti ini akan membuat wajah Anda menjadi berkerut, kusam dan rusak. Hal seperti ini bukannya tidak bisa dirubah dan dicegah. Baca Juga Menu Sarapan Sederhana Tapi Sehat.

Ada satu cara untuk mencegah kerusakan wajah tersebut yaitu dengan melakukan perawatan khusus pada wajah dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare ini dipercayai akan membantu dalam mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat dari paparan sinar ultraviolet.

3. Kegunaan buah pare untuk membantu pengobatan diabetes
Buah pare sebenarnya mampu menurunkan kadar gula dalam darah yang menunjukan sifat hipoglikemik. Dengan sifat satu ini, buah pare sangat cocok untuk pengobatan diabetes yang mampu menurunkan kadar gula darah saat dalam kondisi berlebih. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya sehingga akan tetap aman jika dikonsumsi terus-menerus sehingga mampu mengimbangi obat-obatan kimia yang sudah pasti akan menumbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

4. Buah pare untuk proses penurunan berat badan
Buah pare mengandung kalori rendah. Oleh karena itu buah ini pun bisa menjadi salah satu menu untuk Anda yang sedang menjalani diet karena kelebihan berat badan atau obesitas. Jangan khawatir dengan rasa pahitnya karena ini dapat diatasi dengan meremas buah pare dengan menggunakan garam dapur sehingga bisa dimasak bersama bahan lain tidak akan terasa pahit.

5. Buah pare sebagai pelega pernapasan
Bagi Anda yang sering sesak napas, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah pare yang berwarna hijau dan berbau tidak enak ini. Ternyata rasa pahit yang terdapat pada pare mampu membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Dengan begitu saluran pernapasan pun menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Demikianlah berikut manfaat buah pare untuk kesehatan, yang termasuk kedalam kategori Nutrisi Food, Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin mencoba pola hidup yang sehat melalui makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *