5 Langkah Merencanakan Makanan Bernutrisi

5 Langkah Merencanakan Makanan Bernutrisi

5 Langkah Merencanakan Makanan Bernutrisi

Apakah Anda mencoba untuk membuat daftar nutrisi baru  yang rencananya akan dikonsumsi di awal tahun ini dengan sebaik mungkin ? Dr Simran Saini, seorang konsultan manajemen berat badan di Rumah Sakit Fortis, India, memberikan beberapa langkah tentang cara bagaimana untuk memulai merencanakan tentang gizi baru.

Membuat buku harian makanan
Pertama-tama Anda membuat buku harian makanan dan menuliskan segala sesuatu yang Anda makan atau minum dan dilakukan sebagai kegiatan rutin selama 3 hari. Sekarang, lihatlah buku harian itu pada hari keempat dan Anda akan melihat apa diet Anda dan bagaimana tingkat aktivitas fisik. Diary makan ini sangat bagus dibuat karena berfungsi sebagai pencegah, membantu Anda mencapai akuntabilitas dalam kebiasaan makan Anda, memberi Anda catatan yang solid tentang keberhasilan kesehatan Anda, membantu dalam menekan dalam keinginan memakan makanan yang tidak sehat dan makanan kesenangan dan akhirnya membantu Anda menentukan bagian-bagian yang Anda makan di setiap kali makan.

Siapkan makanan mentah
Pastikan bahwa setidaknya sepertiga dari asupan makanan yang dikonsumsi adalah tanpa lewat proses pemasakan alias mentah. Karena dalam upaya untuk meningkatkan tingkat gizi, salah satu tugas yang paling penting adalah menyertakan makanan mentah tertentu seperti salad, buah-buahan untuk rutinitas diet Anda. Ini dapat menjadi pilihan makanan favorit Anda. Bisa juga diolah dan dibuat dengan cara yang sehat seperti dikukus atau dipanggang.

Siapkan buah-buahan dan sayuran segar 
Cobalah untuk memastikan bahwa apa yang Anda miliki dalam diet Anda adalah makanan segar dan berkualitas baik, terutama buah-buahan dan sayuran. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dipastikan Anda akan mendapatkan vitamin dan mineral secara maksimal, yang membantu dalam meningkatkan tingkat gizi. Alasan besar di balik nilai gizi buah dan sayur adalah penuh dengan antioksidan yang melawan bahan kimia berbahaya dalam tubuh kita.

Batasi garam dan gula
Batasi asupan garam dalam diet Anda maka sistem peredaran darah Anda akan aman dari berbagai masalah. Membatasi asupan gula, maka pinggang Anda akan kembali ke bentuk semula. Memakai garam dalam jumlah yang tepat  dalam memasak serta menghilangkan garam meja dapat memecahkan masalah seperti retensi air. Membatasi gula sama dengan mengontrol kalori yang Anda makan. Oleh karenanya carilah makanan atau produk segar, periksa label dan ambil  produk rendah garam. Atau cari  bumbu dan rempah-rempah lainnya yang non garam sebagai pengganti garam.

Gunakan pemanis buatan secara bijaksana
Gunakan pemanis buatan hanya jika kebutuhan benar-benar muncul. Sebagian besar, penderita diabetes tidak ada pilihan untuk mengkonsumsi pemanis buatan, tetapi jika Anda bukan penderita diabetes sebaiknya hindarilah pemanis buatan. Atau kalau betul-betul ingin, ambillah gula hanya satu sendok teh  saja. Intinya, semua dikonsumsi sebaiknya dalam jumlah yang rendah karena walaupun sedikit tapi mungkin tinggi dalam jumlah kandungan gulanya. Nutrisi Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *