Berbagai Kelenjar Endokrin dan Fungsinya

Kelenjar Thymus

Kelenjar Thymus

Apakah kamu pernah mendengar kelenjar Thymus? Kelenjar ini merupakan salah satu dari kelenjar-kelenjar yang tersebar dalam tubuh manusia dan memproduksi berbagai hormon atau yang disebut juga dengan endokrin sistem. Selain Thymus, kelenjar yang termasuk dalam sistem endokrin ialah kelenjar Pituitari atau Hipofisis, kelenjar Hipotalamus, kelenjar Pineal, kelenjar Testis, kelenjar Ovarium, kelenjar Tiroid, kelenjar Adrenal, kelenjar Paratiroid, dan kelenjar Pankreas. Mari kita bahas satu per satu.

Kelenjar Pituitari atau yang disebut juga dengan kelenjar “master” yang mengendalikan semua fungsi hormonal. Kelenjar yang terdapat di dasar otak ini memproduksi hormon Pertumbuhan, Prolaktin, Adrenokortikotropik, Pemacu Tiroid, Luteinizing (mengatur estrogen pada wanita, dan testosteron pada pria), Pemacu Folikel, Oksitosin (pada wanita hamil, memicu kontraksi pada saat yang tepat), dan antidiuretik. Kelenjar Hipotalamus memiliki tugas yang sangat penting karena terhubung langsung dengan sistem syaraf dan kelenjar Pituitari. Kelenjar Thymus yang terletak di dada bagian atas memproduksi hormon yang mempunyai peranan penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Kelenjar Pineal menghasilkan melatonin, yang mengingatkan pada tubuh saat tiba waktunya untuk tidur. Kelenjar Testis yang ditemukan pada pria memproduksi hormon testosteron, sementara Ovarium yang ditemukan pada wanita memproduksi estrogen dan progesteron. Kelenjar Tiroid yang terdapat di leher bagian depan berfungsi untuk mengatur proses metabolisme. Kelenjar adrenal membantu mengontrol kadar gula dalam darah, fungsi jantung, mendistribusikan lemak, dan lain-lain. Paratiroid memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tulang, dan terakhir Pankreas, berfungsi untuk menjaga tingkat gula dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *