Bubur Bayam untuk Makanan Si Kecil

Makanan Bayi

Makanan Bayi

Bayam merupakan sayuran yang baik untuk dijadikan makanan bayi 7 bulan ke atas karena kandungan kalsiumnya yang melimpah. Banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh bayi terkandung dalam daun bayam. Berikut adalah cara memilih dan mengolah daun bayam yang baik untuk si kecil.

Bayam yang berwarna hijau tua dan di daunnya tidak terdapat noda atau keriput adalah yang terbaik. Usahakan untuk membeli daun bayam organik untuk menghindari racun yang berasal dari pestisida. Untuk membersihkannya, terlebih dahulu buang batang daun, lalu rendam di dalam air dingin selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu, cuci di bawah air mengalir lalu sisihkan hingga mengering. Kukus bayam selama 5 menit atau hingga daunnya sedikit melunak. Cuci kembali menggunakan air dingin selama beberapa menit agar daunnya tidak terlalu layu. Blender daun bayam bersama dengan ASI hingga teksturnya halus. Anda juga bisa mencampurkannya dengan bahan makanan lain seperti wortel, ubi, ayam, keju, atau nasi merah.

Bayam juga bisa dicampurkan dengan hati ayam agar rasanya lebih enak. Caranya, siapkan 20 gr beras, 400 cc air, 25 gram hati ayam, 25 gram daun bayam, dan 1 sdt mentega. Rebus air, beras, dan hati ayam hingga menjadi bubur, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan kukusan daun bayam dan mentega. Campurkan hingga merata, dan makanan bayi pun siap untuk diberikan kepada si kecil.

Leave a Reply