Takaran Susu Per Hari untuk Bayi

Produk Susu Formula

Produk Susu Formula

Banyak ibu yang memberikan produk susu formula kepada bayinya karena berbagai alasan. Ada yang produksi ASI-nya kurang, ada yang harus bekerja dan tidak sempat memompa ASI, serta berbagai alasan lain. Namun terkadang memberikan susu kepada bayi bisa jadi hal yang membingungkan. Seberapa banyak yang harus diberikan, dan seberapa sering bayi harus mendapatkan susu setiap harinya. Berikut adalah petunjuk singkat yang bisa digunakan sebagai acuan.

Bayi berumur 0 hingga 6 bulan belum bisa memakan makanan lain selain ASI atau produk susu formula sehingga sangat penting untuk memberikan jumlah yang tepat agar nutrisi yang dibutuhkannya terpenuhi dengan baik. Jumlah susu yang harus diberikan kepada bayi tergantung kepada umur dan berat badannya. Namun, bayi membutuhkan kurang lebih antara 150ml hingga 200ml susu per kilogram berat badan setiap 24 jam. Jadi, jika bayi anda mempunyai berat badan 3 kg, maka ia membutuhkan 400 ml hingga 650 ml susu setiap harinya.

Pada 2 minggu pertama, berikan 60 ml hingga 70 ml tiap waktu makan. Ketika bayi sudah berusia 2 minggu hingga 2 bulan, ia membutuhkan 75 ml hingga 105 ml tiap waktu makan. Usia 2 bulan hingga 6 bulan, berikan 105 ml hingga 210 ml susu tiap waktu makan. Meski begitu, bayi mungkin tidak akan meminum susu dengan jumlah yang sama setiap harinya. Pada minggu-minggu pertama mungkin bayi akan minum susu dengan jumlah yang sangat sedikit karena belum terbiasa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply