Manfaat Gula Pasir Bagi Kesehatan

221 - SKM - Gula pasir

Setiap hari pasti berhubungan dengan manisnya gula pasir. Saat pagi sudah minum kopi atau teh hangat yang diseduh dengan manisnya gula. Saat siang hari tiba waktunya makan siang, lauk ataupun sayur yang disajikan biasanya dibubuhi dengan gula untuk menambah rasa sedap. Rasanya manusia tidak bisa jauh dari yang namanya gula. Coba bayangkan minum kopi tanpa gula, sudah pasti rasanya sangat pahit dan tidak enak.

Gula putih tidak hanya sebagai pemanis di mulut saja tetapi gula juga dapat sebagai pemanis kehidupan dengan manfaat yang diberikan gula untuk kesehatan tubuh. Yang perlu digaris bawahi adalah jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan karena justru akan mengganggu kesehatan. Para ahli gizi menggolongkan gula menjadi dua, yaitu:

  1. Gula sederhana (simple sugar) adalah gula yang dikonsumsi sehari-hari dan tidak mengandung zat gizi.
  2. Gula komplek (complex sugar) mengandung vitamin dan mineral. Jagung, nasi, singkong, dan gandum termasuk gula komplek.

Gula komplek dan gula sederhana merupakan sumber karbohidrat yang akan diolah tubuh jadi glukosa. Glukosa tersebut yang akan menjadi makanan bagi tubuh dan otak. Manusia tidak akan dapat beraktifitas jika tidak memiliki glukosa dalam tubuhnya.oleh karena itu, saat memakan atau minum yang manis-manis akan dapat berpikir lebih cepat dan memudahkan untuk belajar bagi anak. Gula pasir adalah golongan monosakarida yang membutuhkan waktu singkat untuk memproses glukosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *