Sambal: Masakan Khas Indonesia

sambal cobek yang melegenda
Resep masakan Indonesia yang telah menjadi ciri khas bangsa tentu saja adalah sambal. Tidak ada negara lain yang memiliki keragaman sambal seperti kita. Mulai dari sambal udang, sambal kecap, sambal oncom, sambal mangga, sambal rujak, sambal lalab, dan masih banyak lagi yang lainnya. konon salah satu hal yang selalu membuat para orang Indonesia yang tinggal di luar negri rindu tanah air adalah masakan ini. Memang tidak semua orang menyukai rasa pedas, tapi bukan berarti tidak semua orang mengakui bahwa sambal adalah salah satu kekayaan kuliner khas Nusantara.

Oleh karenanya kita patut berbangga dengan cara mengkonsumsi sambal-sambal yang ada. bukan tanpa alasan jika kita merasa ada yang kurang jika makan tanpa sambal. Karena menurut penelitian sambal memang dapat meningkatkan nafsu makan juga semangat dalam menyantapnya. Selain itu cabai yang berwarna-warni juga memiliki vitamin yang tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hanya saja setiap orang memiliki kadar toleransi pedas yang berbeda. Meskipun begitu ada baiknya jika kita mengkonsumsi sambal sewajarnya. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga menyatap sambal.

Sambal sebagai resep masakan Indonesia yang khas juga memiliki sejarah yang unik. Konon  pada awalnya sambal sering dibekali para istri bagi suami yang bekerja di ladang ataupun sawah pertanian. Hal ini dengan maksud meski nasi yang dibawa sudah dingin tapi jika dimakan dengan sambal maka rasa hangat masih dapat terasa, tidak hanya di lidah, tapi juga di perut.

Leave a Reply