5 Efek Berbahaya dari Diabetes Melitus

Diabetes melitus, semua orang tahu adalah penyakit yang berbahaya. Tingginya gula darah bisa menyebabkan organ-organ di tubuh menjadi tidak bisa bekerja dengan normal. Hal ini akan berlanjut membuat domino effect, di mana sistem di tubuh menjadi kacau balau. Inilah yang membuat diabetes sangat beresiko, karena komplikasinya yang bisa mengundang penyakit lain.

Apa saja resiko dan komplikasi yang harus diwaspadai orang yang terkena penyakit diabetes? Inilah beberapa di antaranya:

  • Hipertensi

Darah tinggi umum terjadi jika kena diabetes, dikarenakan pembuluh darah yang tersumbat ketika Anda menderita kencing manis.

  • Sakit jantung

Penyumbatan pembuluh darah tersebut juga akan membuat pemompaan darah untuk mengantar oksigen dan nutrisi ke jantung jadi tersumbat.

  • Gagal ginjal

Ginjal harus bekerja lebih keras menyaring glukosa berlebih di darah, mengakibatkan ginjal menjadi lebih cepat rusak.

  • Kerusakan mata

Disebut juga retinopatik diabetik. Biasanya dimulai dengan penglihatan yang semakin kabur, yang bisa mengakibatkan kebutaan.

  • Luka tak sembuh

Gangrene atau infeksi akibat luka yang tak kunjung sembuh juga rentan terjadi, lantaran tingginya gula membuat bakteri jahat mudah berkembang.

Itulah resiko komplikasi yang dialami Anda yang kena diabetes melitus. Kelimanya merupakan efek samping yang sangat berbahaya, dan inilah kenapa Anda harus seawal mungkin menghindari penyakit kencing manis. Jika Anda sudah terlanjur terkena, maka inilah saatnya melakukan gaya hidup sehat. Diabetes sangat sulit disembuhkan, namun Anda bisa menjaganya agar tidak semakin parah.

Leave a Reply