Mengenali Penyebab Penyakit Flu Dan Pencegahannya

Salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menyerang anak-anak kita adalah batuk dan flu. Masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa ketika anak terserang flu hal itu diakibatkan dari mengkonsumsi gorengan atau es krim secara berlebihan, terlalu lelah beraktivitas, terkena hujan, debu atau polusi lainnya saat berkendara. Berbagai hal tersebut ternyata bukanlah penyebab penyakit flu dan batuk yang utama. Pemicu utama dari penyakit ini adalah daya tahan tubuh manusia yang sedang melemah. Jika tidak terjadi kontak dan sumber penularan penyakit flu maka tidak akan terkena karena virus flu ini tidak dapat beterbangan di udara bebas.

Faktor-faktor seperti cuaca dan perubahan musim, makan gorengan, masuk angin dari AC atau berkendara, karena kelelahan dan kurang istirahat, minum es, debu rumah atau bulu binatang bukanlah penyebab utama. Hal ini merupakan faktor pemberat ketika anda sudah terkena virus flu. Untuk mencegah datangnya penyakit flu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya sebagai berikut:

Pertama, rajin mencuci tangan pakai sabun. Tangan merupakan agen utama perpindahan virus yang terdapat dari benda-benda yang kita sentuh seperti daun pintu, uang, pintu mobil, dan benda lainnya yang juga banyak disentuh oleh orang lain. dengan rutin melakukan cuci tangan pakai sabun, maka berbagai virus penyebab penyakit akan terlepas dari tangan kita.

Kedua, tingkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh manusia dapat diperkuat dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi menu makanan bergizi seperti susu, telur, daging dan sayuran berwarna hijau terutama saat musim hujan datang. Selain itu dengan cara meminum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Hindari mandi air hujan, hembusan angin dan sering berada di ruang terbuka saat musim hujan tiba.

Ketiga, sering berkumur. Karena virus flu masuk kada tubuh kita melalui lubang hidung dan rongga mulut, maka anda harus selalu menjaga hidung untuk selalu bersih, begitupun mulut harus selalu dibersihkan dengan cara berkumur sesering mungkin. Agar lebih efektif, anda bisa membuat ramuan kumur secara alami menggunakan seduhan daun sirih atau obat kumur lainnya. Dengan cara demikian dapat menghilangkan berbagai virus penyebab flu yang terdapat di rongga mulut.

Untuk Cara Mencegah Penyebab Penyakit yang Sering Timbul Seperti Flu, Diare, dll.

Penyakit dapat datang kapan saja terutama ketika pergantian musim. Bakteri dan virus yang menjadi penyebab penyakit akan berkembang biak dengan pesat dan masuk ke tubuh. Untuk mencegahnya, Anda dapat menjaga kesehatan lingkungan, rajin untuk membersihkan tempat yang sering digunakan bertelur nyamuk seperti genangan air dan kamar mandi serta mencuci tangan dengan menggunakan sabun pembunuh bakteri dan virus Lifebuoy agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Mengapa harus mencuci tangan? Karena tangan merupakan anggota badan yang paling sering melakukan kontak dengan benda yang ada di sekitar manusia. Lewat tangan, kuman, bakteri dan virus dapat ditularkan melalui sentuhan misalnya dari jabat tangan, dari benda yang Anda pegang, dari makanan yang Anda makan. Karena anak-anak lebih banyak bersentuhan dengan benda sekitar dan sering menggunakan tangan mereka misalnya untuk makan tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu yang mengakibatkan anak-anak menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit daripada orang dewasa.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun Lifebuoy berguna untuk menghilangkan penyebab timbulnya penyakit yang dapat menyerang manusia. Waktu yang tepat untuk mencuci tangan yaitu:

  • Ketika tangan sedang kotor.
  • Sebelum menyentuh makanan.
  • Setelah menggunakan kamar mandi baik setelah uang air kecil ataupun buang air besar.
  • Setelah bersih, batuk dan membuang ingus.
  • Setelah bermain.
  • Setelah menyentuh binatang.
  • Sebelum dan sesudah menjenguk orang yang sedang sakit.
  • Saat mandi.

Cara yang tepat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk menghindari penyebab penyakit yang mungkin menempel di tangan Anda yaitu:

  • Mencuci tangan dengan menggunakan air hangat. Jika tidak terdapat air hangat, Anda tetap dapat menggunakan air mengalir, yang penting air yang digunakan untuk mencuci tangan adalah air yang bersih.
  • Gunakan sabun untuk mencuci tangan dengan membersihkan kedua sisi dari tangan, pergelangan tangan, sela jari dan juga sela kuku yang merupakan tempat kuman senang untuk bersembunyi. Cuci tangan Anda selama kurang lebih 10-20 detik.
  • Bilas dan keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih.

Sumber artikel: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/waspada-inilah-bakteri-bakteri-penyebab-diare

Leave a Reply