Lalai Hidup Sehat, Penyakit MERS Mengintai

Betapa senangnya jika selalu memiliki tubuh yang fit dan siap beraktivitas setiap hari. Namun sayangnya, banyak sekali masyarakat modern yang sering lalai menjaga kesehatan karena disibukkan oleh aktivitas yang begitu padat. Bahaya jenis-jenis penyakit yang mengintai bahkan makin beragam saja, salah satunya adalah penyakit MERS. Penyakit yang satu ini mungkin masih terbilang baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat. Padahal sesungguhnya, penyakit ini merupakan salah satu gangguan pernapasan serius yang bisa memperparah kondisi kesehatan jika tak ditangani dengan cepat.

Sebenarnya apa itu penyakit MERS?

Tentang Definisi MERS

MERS adalah singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome. Penyakit MERS mendapatkan namanya karena pertama kali diidentifikasi di daerah Arab Saudi pada tahun 2012. Kala itu tercatat bahwa 4 dari 10 orang yang terdiagnosa terjangkit MERS meninggal dunia. Pada tahun 2015, MERS ternyata sudah mulai menjangkiti masyarakat di Korea Selatan. Hal ini yang membuat badan kesehatan dunia menjadi lebih berhati-hati dan serius dalam menangani penyakit baru tersebut.

Penyebab Penyakit MERS

Penyakit yang menyerang paru-paru dan saluran pernapasan ini dikabarkan berasal dari golongan coronavirus yang kemudian dikenal dengan nama MERS CoV. Unta adalah salah satu hewan yang diduga kuat menjadi faktor pembawa MERS CoV. Selain unta, sejumlah orang yang terlibat langsung dengan unta dan produk yang dihasilkan unta juga mulai diteliti karena dianggap berpotensi menjadi penyebar MERS CoV. Kendati banyak faktor pendukung penyebaran MERS yang sudah mulai diteliti, namun belum ada informasi terbaru mengenai proses penyebaran virus MERS tersebut.

Gejala Penyakit MERS

Gejala yang cenderung mirip dengan penyakit batuk atau flu biasa membuat orang yang mengidap MERS tidak mendapatkan penanganan kesehatan secara intensif. Cek up kesehatan pun tak dilakukan secara detail karena menganggapnya sebagai gejala penyakit biasa. Tidak mengherankan jika dari 1.338 kasus penderita MERS hingga Juni 2015, 475 kasus diantaranya berakhir dengan kematian.

Beberapa gejala MERS yang wajib diwaspadai antara lain adalah:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Beberapa orang juga mengalami mual, muntah, dan diare

Sebenarnya cara mencegah penyakit MERS tidaklah sulit. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan tangan dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami penyakit pernapasan. Menjaga kebersihan diri sendiri akan meminimalkan risiko penyakit MERS yang mungkin sedang mengintai Anda.

Saat gejala gangguan pernapasan mulai mengganggu dan terjadi dalam waktu yang cukup lama, cek up kesehatan secara menyeluruh adalah tindakan yang tak boleh ditunda lagi. Pastikan Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit MERS yang terbilang baru. Ajaklah seluruh keluarga dan sahabat Anda untuk menjaga kebersihan dan rajin mencari informasi tentang penyakit MERS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *