Makanan-makanan Sumber Nutrisi Untuk Kesehatan Kulit

Setiap wanita ingin mempunyai kulit yang sehat sehingga penampilannya terlihat cantik dan menarik. Untuk mewujudkannya anda harus rajin melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Tidak harus selalu dengan biaya mahal namun perawatan sederhanapun dapat Anda lakukan dirumah seperti memberi asupan nurisi yang cukup bagi tubuh. Salah satu contoh perawatan ringan yang bisa Anda lakukan adalah dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang dapat menutrisi kulit anda. Berbagai camilan seperti kue kering sehat yang dibuat dengan margarin blueband yang kaya zat gizi juga dapat membantu menutrisi tubuh anda.

Makanan sehari-hari yang Anda konsumsi bisa menjadi sumber nutrisi bagi kulit. Tetapi tidak semua jenis makanan memiliki nutrisi yang bagus untuk kulit. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi kulit:

  1. Kentang
    Kadar alkalin dan mineral dalam kentang sangat tinggi sehingga kentang dijadikan makanan yang penting untuk mengembalikan fungsi hati. Hal ini berpengaruh kepada kelenturan otot sehingga mempengaruhi elastistas jaringan pada kulit.
  1. Tomat
    Tomat merupakan sayuran yang mengandung likopen. Likopen berfungsi untuk mengobati kulit terbakar dan kerusakan pada ki=lit akibat radikal bebas..
  1. Telur
    Anda dapat menggunakan putih telur untuk masker wajah. Telur mengandung banyak protein dan biotin yang berfungsi untuk mencegah kekeringan pada kulit.
  1. Alpukat
    Alpukat merupakan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin E yang berfungsi merangsang terbentuknya sel-sel kulit baru dan untuk melawan radikal bebas didalam tubuh serta merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Selain itu kandungan vitamin E ini berguna mengurangi resiko kanker kulit karena dapat menguatkan jaringan kolagen.
  1. Stawberi
    Strawberi diperkaya vitamin C dan asam elagik yang tinggi. Senyawa ini berfungsi membantu mengurangi kerusakan pada DNA yang dapat menyebabkan timbulnya kerutan pada kulit.
  1. Kacang-kacangan
    Kandungan legumes pada kacang-kacangan berfungsi menangkal radikal bebas. Asam amino yang berasal dari perubahan protein yang terjadi pada proses pencernaan berguna membantu memperbaiki sel-sel kulit dan kolagen.

Berbagai Sayuran Kaya Nutrisi yang Baik Untuk Kesehatan

Sayuran merupakan makanan terkenal sebagai sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti halnya blueband yang merupakan penutrisi yang baik digunakan dalam pembuatan kue sehat dan lezat. Berikut ini beberapa sayuran sebagai penutrisi alami yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Pertama, brokoli. Brokoli  merupakan jenis sayuran paling bergizi di dunia. selain keberadaannya yang sangat mudah ditemukan, brokoli juga sangat terjangkau karena harganya yang murah. Brokoli mengandung nutrisi lengkap, kandungan vitamin yang tinggi seperti vitamin C, vitamin A, dan merupakan sumber dari anggota vitamin B kompleks seperti asam folat, B5, B6, B3, vitamin K dan riboflavin. Fitonutrisi juga yang merupakan antioksidan kuat seperti tiosianat, indoles dan sulforaphane, isothiocyanate flavonoid seperti beta karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea – xanthin terdapat dalam brokoli yang segar. Berbagai zat ini sangat berguna untuk melindungi kita dari resiko kanker prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara. Kandungan brokoli juga yang rendah kalori dan mengandung serat yang banyak, sumber mineral yang baik seperti kalsium, mangan, zat besi, magnesium, selenium, zinc dan fosfor.

Kedua, wortel. Wortel merupakan sayuran yang kaya antioksidan, vitamin dan serat makanan. Makanan rendah lemak dan kolesterol. Wortel juga sangat dikenal sebagai sayuran berwarna oranye yang diperkaya vitamin A dan betakaroten. Dalam 100 gram wortel terdapat 16.706 IU vitamin A, dan 8285 mg beta karoten. Kandungan senyawa flavonoid dalam wortel berfungsi melindungi kulit, paru-paru dan mencegah kanker rongga mulut. Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam wortel dapat melindungi kita dari radikal bebas, meningkatkan fungsi sistem reproduksi, serta meningkatkan ketajaman penglihatan. Kandungan vitamin C larut dalam air dalam wortel sebagai anti-oksidan yang membantu tubuh mempertahankan jaringan ikat, gigi dan gusi. Selain itu senyawa ini dapat melindungi dari kanker dengan membersihkan  zat radikal bebas yang berbahaya.

Ketiga, kentang. Kentang merupakan sayuran yang kaya akan pati, sumber vitamin, mineral dan serat. Dalam kentang sebanyak 100 gram terkandung 70 kalori, namun rendah lemak dan kolesterol yang membuatnya semakin baik dikonsumsi. Serat larut dan tidak larut dalam kentang secara alami dapat mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B kompleks juga merupakan kandungan yang banyak terdapat dalam kentang.

Sumber Terkait: http://www.blueband.co.id/cerita/sedapnya-club-sandwich-untuk-sarapan-pagi/

 

 

Leave a Reply