Penyebab Alergi Kulit dan 4 Cara Paling Mudah untuk Mengatasinya

Selama ini kita cukup sering mengalai rasa gatal yang berubah menjadi bengkak pada beberapa bagian tubuh tertentu, diantaranya adalah kulit, secara langsung pasti kita akan menyimpulkan bahwa hal tersebut merupakan alergi. Penyebab alergi kulit yang akan secara langsung kita diagnosis karena salah dalam konsumsi makanan atau peran dari hewan maupun bahan-bahan tertentu. Tak salah memang jika dikatakan sebagai alergi mengingat setiap orang pasti memiliki sensitifitas terhadap sesuatu. Hanya saja dengan tingkat yang berbeda.

Penyebab alergi pada kulit paling umum adalah makanan, tak bisa dipungkiri memang bahwa kandungan bahan makanan tak selamanya cocok dengan tubuh kita, salah satu respon yang mudah untuk dikenal adalah pembengkakan hingga rasa gatal. Cara mengatasinya sangat beragam, namun dibandingkan dengan harus datang ke dokter dan mengeluarkan banyak uang beberapa cara ini ternyata juga bisa digunakan, yaitu:

  1. Mandi menggunakan sabun antibakteri atau sabun kesehatan, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu maka sangat dianjurkan untuk langsung mandi saat gejala sudah mulai terasa, gunakan sabun antibakteri untuk hasil yang lebih efektif.
  2. Gunakan minyak kayu putih, alergi juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis serangga, karena gigitan atau racun yang dikeluarkan semacam toksin. Paling mudah mengatasi jenis alergi ini adalah dengan minyak kayu putih.
  3. Kunyit, rempah yang satu ini kaya akan zat yang dapat meredakan rasa gatal, cara menggunakannya juga sangat mudah, bisa dengan mengonsumsinya atau dengan membuatnya sebagai obat oles. Hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk meredakan alergi tersebut.
  4. Daun kelor, meskipun tergolong sebagai tumbuhan yang kurang pemanfaatannya, namun ternyata banyak khasiat dari daun ini, untuk memperlancar asi hingga mengatasi alergi, cara menggunakannya cukup dengan merebus dan meminumnya secara bertahap.

Tak perlu membuang banyak uang bukan untuk atasi alergi kulit Anda, namun jika penyebab alergi kulit tersebut cukup serius sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk pengobatan yang lebih optimal, untuk mencegahnya juga agar tak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *