Latar Belakang serta Cara Mencegah Penyakit Jantung

Latar Belakang serta Cara Mencegah Penyakit Jantung – Jantung merupakan bagian organ vital dari tubuh manusia. Organ vital ini memang dapat dikatakan berukuran kecil akan tetapi jika mengalami gangguan maka akan dapat mengganggu fungsi tubuh yang lainnya. Maka untuk itu setiap orang penting untuk dapat menjaga kesehatan jantungnya agar dapat terhindar dari gangguan dan serangan jantung yang dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan baik. Cara mencegah penyakit jantung yang paling utama adalah dengan menerapkan pola dan gaya hidup sehat dimana harus dapat lebih memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dinilai dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.

Latar Belakang serta Cara Mencegah Penyakit Jantung

Menurut dunia medis, penyakit jantung dilatarbelakangi atau disebabkan karena adanya penumpukan lemak jenuh dengan tingkat konsentrasi yang tinggi pada dinding pembuluh darah jantung dimana hal ini biasa disebut juga dengan atersklerosis. Tumpukan lemak jenuh yang tidak dapat segera dinetralisir dari pembuluh darah jantung dan berlangsung semakin lama nantinya dapat berkembang menjadi penggumpalan darah pada organ jantung tersebut atau disebut juga dengan thrombosis. Penggumpalan darah yang terjadi pada jantung tentu akan sangat berakibat buruk terhadap kesehatan karena secara otomatis penyaluran atau pendistribusian darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dapat menjadi terhambat dan tidak bisa disebarluaskan sebagaimana mestinya.

Baca juga : KHASIAT JAMU BERAS KENCUR BAGI KESEHATAN

Di sinilah akibat fatal yang dapat terjadi dimana pasokan oksigen yang tidak bisa disalurkan ke seluruh tubuh dengan baik tersebut dapat menyebabkan timbulnya serangan jantung secara mendadak dan tiba-tiba. Kondisi ini akan sangat mengancam keselamatan jiwa penderitanya apalagi jika tidak segera ditangani dengan baik sehingga jiwa atau nyawa dari si penderita serangan jantung tersebut pada akhirnya tidak bisa diselamatkan lagi. Dengan demikian fatalnya penyakit jantung ini, seyogianya setiap orang dapat melakukan metode cara mencegah penyakit jantung secara dini dengan tepat dan efektif dengan cara :

 

Pertama mengubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat. Contoh taktis yang bisa dilakukan untuk menjalani gaya hidup sehat adalah dengan cara berhenti merokok karena merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat berefek buruk terhadap kesehatan organ jantung. Bukan hanya merokok, akan tetapi jenis minuman beralkohol pun harus dapat dihindari dan dikurangi pengkonsumsiannya terutama bagi mereka yang terlanjur suka meminum minuman beralkohol.

 

Kedua menjaga dengan baik pola makan terutama dapat membatasi pada jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh tinggi yang terlalu banyak dikonsumsi dapat semakin merentankan pelakunya pada penyakit jantung karena timbunan lemak di dalam tubuh dan organ jantungnya akan semakin banyak pula. Setelah menjaga pola makan, untuk lebih menghindari diri dari penyakit jantung adalah dengan rajin berolahraga secara teratur supaya metabolisme tubuh dapat berjalan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *