Jenis Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia merupakan bagian dalam manusia yang harus di jaga kesehatan, karena banyak sekali jenis jenis penyakit yang dapat menyerang sistem pencerna anda. Jika sistem pencernaan anda baik maka nutrisi dari makanan dan minuman yang masuk pada tubuh anda dapat di kelolah dengan sempurna sehingga dapat menghasilkan energi yang nantinya akan di bagian pada organ tubuh yang lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa sistem pencernaan yang dimiliki manusia di bagian menjadi dua bagian yakni saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan pada umunya terdiri dari mulit, faring, esofagus, lambung, usus halus dan besar serta anus sedangkan oragn pencernaan tambahan terdiri dari lidah, gigi, empedu, kelenjar ludah , kelenjar pankreas dan kelenjar hati. Namun pada umunya ganguan pencernaan di sebabkan olah beberapa hal seperti :

 Makanan dan minum secara bersamaan terus menurus

 Kebiasaan makan yang terburu-buru sehingga mengakibatkan makanan yang masuk pada tubuh tidak di kunyah secara sempurna

 Stress yang tak kunjung hilang, hal ini dapat menyebabkan meningkatnya aktifitas sekresi pada lambung anda.

 Menunda-nunda makan dan terlalu kenyang pada saat makan

 Organ pencernaan tidak dapat berkerja secara maksimal sehingga dapat mengganggu kerja organ pencernaan yang lainnya.

Jika kondisi di atas anda alami dalam jangka waktu yang lama maka dapat juga menimbulkan beberapa gangungan sisitem pencernaan yang lainnya bahkan dapat menimbulkan penyakit pencernaan pada manusia. Berikut adalah daftar penyakit pencernaan pada manusia.

1. Diare

Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada usus besar sehingga menyebabkan usus tidak bisa menyerap air dalam makanan.

2. Konstipasi

Penyakit ini kebalikan dari penyakit diare dimana usus besar melakukan penyerapan air secara berlebihan sehingga menyebabkan fases keras.

3. Kanker colon

Penyakit pencernaan ini merupakan salah satu penyakit pencernaan yang mematikan, penyebab penyakit ini karena adanya infeksi pada usus besar namun dibiarkan begitu saja.

Jenis jenis penyakit pencernaan diatas semuanya dapat dicegah dan diobati untuk itulah bagi anda yang ingin melindungi masa depan anda segera bergabung dengan futuready, dimana anda akan mendapatkan masukan tentang menjadi keuangan dan kesehatan anda.

Leave a Reply