7 Cara Cuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO

Tangan merupakan salah satu vektor yang menyebarkan penyakit, untuk itu penting mengetahui cara cuci tangan yang benar agar kamu senantiasa sehat. Memang diwajibkan bagi siapa saja untuk rajin dalam mencuci tangan, baik itu sebelum makan, setelah keluar dari kamar mandi, melainkan kontak dengan hewan atau kegiatan yang lainnya sebagai langkah untuk wujudkan gaya hidup sehat. Jadi sebenarnya sehat itu sangat sederhana, karena bisa dimulai dari kebiasaan paling kecil sekalipun.

Mungkin diantara kamu sudah banyak yang mengetahui langkah-langkah mencuci tangan menurut WHO atau badan kesehatan dunia, dijelaskan bahwa setidaknya ada 7 aturan dasar yang wajib untuk dipatuhi dalam membersihkan tangan, diantaranya adalah:

  1. Membasahi kedua buah telapak tangan hingga benar-benar basah, sebaiknya menggunakan air mengalir agar kotoran tak bercampur. Setelah itu kamu bisa langsung mengambil sabun dan gosokkan ke kedua buah tangan hingga muncul busanya. Kamu bisa menggunakan sabun cair agar higienitas terjaga.
  2. Usap dan gosoklah kedua punggung tangan secara bergantian, lakukan dengan tenang dan jangan terburu-buru agar hasilnya lebih optimal.
  3. Bagian yang paling penting untuk dibersihkan lainnya adalah pada sela-sela jari dan juga bagian kuku yang sangat rentan dimasuki kotoran, agar pembersihan bisa optimal sebaiknya kamu rajin memotong kuku, karena kuku panjang hanya akan dijadikan tempat bersarangnya kotoran.
  4. Setelah bagian sela-sela jari langsung gosok dan putar pada di ibu jari secara bergantian.
  5. Letakkan ujung jari Anda pada telapak tangan dan gosok hingga bersih.
  6. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membilas, bilas semua bagian yang bersabun hingga bersih menggunakan air mengalir.
  7. Bilas tangan menggunakan handuk kering dan basah.

Kebiasaan sederhana tersebut jika sering kamu lakukan dampaknya ternyata sangat besar, karena pada dasarnya penyakit tak hanya berasal dari makanan, melainkan vektor lain yang terkadang tidak Anda sadari yaitu tangan. Jadi alangkah baiknya bagi Anda untuk rajin dalam menjaga kesehatan badan, utamanya tangan yang sering digunakan bersentuhan. Selalu terapkan cara cuci tangan menggunakan sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *