Cara Mengobati Penyakit Anemia dengan Makanan Sehat

Makanan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan dan mempengaruhi kondisi kesehatan. Makanan yang Anda konsumsi dapat menentukan kualitas kesehatan tubuh sehingga harus diperhatikan dan dipilih dengan baik sesuai kebutuhan. Salah satu masalah kesehatan yang bisa timbul apabila asupan makanan yang Anda konsumsi kurang bernutrisi dan kurang zat besi adalah anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. Karena itulah salah satu cara mengobati anemia yang wajib dilakukan adalah dengan memilih dan mengonsumsi makanan sehat yang cocok, sehat, bernutrisi dan mengandung zat besi yang efektif meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh Anda.

Selain karena kekurangan zat besi, anemia juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B12, vitamin C dan asam folat. Berbagai hal tersebut bisa memicu anemia dan menimbulkan berbagai macam gejala yang cukup fatal seperti lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai atau 5L, sering merasa mengantuk, produktivitas menurun dan lain-lain. Itulah sebabnya menjaga asupan makanan dan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, vitamin B12, vitamin C dan asam folat adalah cara mengobati penyakit anemia yang wajib dilakukan selain mengonsumsi obat yang dokter berikan.

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang cocok dan efektif untuk menangani masalah anemia, antara lain:

• Sayuran hijau
Sayuran hijau yang tinggi zat besi diantaranya yaitu bayam, seledri dan kangkung.

• Daging
Daging dapat memperbaiki dan memproduksi sel darah merah karena mengandung vitamin B12 dan asam folat.

• Telur
Telur mengandung protein yang dapat membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

• Buah-buahan segar
Buah yang cocok untuk penderita anemia yaitu kismis, aprikot dan anggur.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi adalah salah satu cara mengobati penyakit anemia yang sangat alami dan juga efektif. Menjaga asupan nutrisi dalam tubuh juga dapat membangkitkan energi dan menyempurnakan pertumbuhan fisik sehingga perannya sangatlah penting. Selain menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga rutin demi menjaga kebugaran sehingga tubuh selalu dalam kondisi yang sehat dan fit.

Leave a Reply