Empat Cara Mudah Menuju Pola Hidup Yang Sehat

Pernah tidak terpikirkan oleh anda, kenapa semakin banyak orang yang terserang berbagai macam penyakit berbahaya? Sebenarnya penyebabnya tak lain karena orang yang hidup dijaman modern tidak menerapkan Pola Hidup Sehat. Tidak seperti leluhur kita dulu yang hidup selaras dengan alam dan melakukan segala sesuatu secara manual, seperti pergi kemana mana dengan berjalan kaki yang mana kebiasaan seperti inilah yang sangat jarang dilakukan oleh orang orang saat ini.

Dalam menerapkan pola hidup sehat perlu komitmen, karena tanpa niat dan tekad yang kuat program yang anda rencanakan tidak akan berjalan sesuai harapan, banyak juga orang yang hanya mampu bertahan sebentar dan pada akhirnya kembali lagi ke kebiasaan lama. Penasaran kan seperti apa langkah mudah menuju hidup sehat?

Berikut poin dan penjelasan cara mudah menuju pola hidup yang sehat.

• Seberapa Sering Anda Berolahraga

Langkah pertama dengan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, apakah sudah cukup berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya. Dengan melakukan evaluasi, anda akan semakin tahu apakah selama ini anda sudah menerapkan pola hidup sehat atau belum. Misalnya hasil dari evaluasi menyebutkan bahwa anda hanya berolahraga satu kali dalam seminggu maka dapat ditambah hingga empat kali seminggu.

• Evaluasi Pola Makan Anda

Selain itu anda juga dapat mencatat makanan apa saja yang sudah anda konsumsi selama satu minggu terakhir, coba renungkan apakah makanan tersebut telah memenuhi standar hidup sehat. Lihat pula seberapa banyak asupan karbohidrat, protein dan lemak. Usahakan kurangi karbohidrat dan lemak karena dapat mengundang penyakit diabetes dan kolesterol. Perbanyak asupan protein dengan mengkonsumsi susu L Men setiap hari.

• Stress Dapat Dikelola

Hidup dijaman sekarang rasanya mustahil dapat terhindar dari berbagai problem, setiap masalah yang anda hadapi tentunya jangan sampai membuat anda tertekan dan stress. Perlu sikap yang bijak dalam menyikapi stress ini atau anda bisa melakukan meditasi dengan demikian stress dapat dihindari.

• Istirahat Yang Cukup

Ketiga langkah diatas tidak akan maksimal jika kualitas tidur atau istirahat anda jelek, untuk itu usahakan untuk tidur yang cukup setiap hari. Jangan tidur terlalu malam karena dapat menganggu keseimbangan metabolisme tubuh serta memicu munculnya banyak penyakit. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup maka seluruh organ tubuh khususnya otak akan berkerja secara optimal.

Pola hidup sehat sebenarnya dapat dilakukan oleh setiap orang dengan berbagai usia, mulai dari anak hingga orang tua. Tentunya akan lebih baik jika dilakukan sejak dini sehingga berbagai penyakit dapat dihindari dan bisa selalu sehat hingga hari tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *