Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Langkah menghitung berat tubuh ideal kerap di salah artikan sebagai satu patokan berat tubuh normal seorang. Langkah seperti itu sesungguhnya salah keseluruhan. Kenapa? Lantaran berat tubuh ideal tidak sama dengan berat tubuh normal.

Berat tubuh ideal dihitung lewat cara memperbandingkan segi tinggi tubuh, umur, serta bentuk tubuh dengan maksud agar seorang dapat tampak menawan dengan berat tubuh yang sesuai sama.

Sedang berat tubuh normal lebih merujuk pada berat rata-rata atau batasan berat yang lumrah untuk orang dengan tinggi spesifik.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan salah satu keinginan yang pasti dirasakan oleh semua orang. Dengan memiliki bentuk tubuh yang ideal, tentu saja penampilan akan semakin menarik dan menawan. Berbagai model dan jenis pakaian bisa dikenakan dan sedap dipandang mata. Itulah keuntungan memiliki bentuk tubuh ideal yang diinginkan oleh semua kalangan. Untuk memastikan apakah bentuk tubuh yang Kita miliki ideal atau tidak, Kita harus mengetahui bagaimana cara mengukur berat badan ideal dengan benar.

Berat dan tinggi badan merupakan faktor yang harus seimbang dan dapat menciptakan bentuk tubuh yang ideal. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan cara perhitungan Brocha untuk mengetahui berapa berat badan yang paling pas dan ideal untuk ukuran tinggi badan yang Anda punya.

Mengukur berat tubuh ideal lewat rumus yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu:

• Untuk wanita.

Berat ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100)).

• Untuk pria.

Berat ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)).

Misalnya jika Anda adalah seorang wanita dengan tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal yang harus Anda miliki yaitu 59,5 kg. Apabila berat badan yang Anda miliki kurang dari angka tersebut, maka Anda harus menambah berat badan untuk mencapai angka ideal. Begitu pula dengan pria. Jika Anda memiliki tinggi 170 cm, maka berat badan ideal yang pas adalah 63 kg. Jika berat yang Anda miliki sekarang sekitar angka tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa tubuh yang Anda miliki terbilang ideal dan sesuai antara berat dan tingginya.

Bagaimana? Mudah bukan? Cara mengukur berat badan ideal tersebut bisa Anda terapkan untuk memastikan apakah tinggi badan yang Anda miliki sekarang sesuai dengan berat badan yang Anda punya. Jika berat badan di bawah angka ideal, maka Anda harus berupaya untuk menambah berat badan. Sedangkan bila berat badan melebihi angka ideal, tentu saja Anda perlu berusaha untuk mengurangi berat badan melalui diet sehat.

Dengan tahu berat ideal yang semestinya Anda punyai serta berat normal, maka ini bisa menjadi sebagai batas optimal keunggulan berat Anda, Anda dapat terpacu untuk hidup sehat serta konsumsi makanan rendah lemak.

Dapat diambil kesimpulan bahwa berat tubuh ideal umumnya mempunyai standard yang lebih rendah dibanding dengan standard berat tubuh normal.

Umumnya berat tubuh ideal itu bakal menuturkan apakah sesorang itu ideal, normal, kegemukan, atau bahkan juga telah dalam step obesitas. Oleh karenanya awasi selalu kesehatan serta kondisi badan Anda lewat cara mengkalkulasi berat tubuh ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *