Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Pola Hidup Sehat

Salah satu penyakit yang banyak mengancam di masyarakat adalah tekanan darah tinggi. Bagi anda yang sudah terkena tekanan darah tinggi, maka anda harus melakukan banyak hal untuk menjaga tekanan darah anda agar tidak melonjak terlalu tinggi sehingga membahayakan kesehatan anda. hal yang harus anda lakukan untuk menjaga tekanan darah anda adalah mengatur pola hidup sehat, karena dengan menjaga pola hidup sehat ini anda dapat mengurangi penggunaan obat-obatan kimia untuk menurunkan hipertensi anda. Berikut ini beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan pola hidup sehat yang dapat anda lakukan:

Pertama, lakukan olahraga secara teratur. Sebagai langkah pencegahan dan menurunkan tekanan darah tinggi, coba luangkan waktu anda 30-60 menit dalam sehari untuk melakukan olahraga. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan jenis olahraga lain yang memungkinkan untuk anda lakukan. Dengan menjalankan olahraga secara rutin dan teratur dapat mencegah datangnya penyakit hipertensi. Bagi anda yang sudah terkena tekanan darah tinggi, maka kegiatan ini akan menurunkan tekanan darah tinggi anda ke level yang aman.

Kedua, konsumsi makanan yang sehat. selain olahraga teratur, perhatikan juga makanan yang anda konsumsi. Pastikan anda mengkonsumsi yang tidak memicu tekanan darah tinggi. Makanan yang dapat menurunkan darah tinggi diantaranya seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Untuk memulai pola makan sehat, anda dapat memasukkan berbagai makanan sehat ke dalam menu harian anda.

Ketiga, menurunkan berat badan berlebih. Ketika berat badan anda meningkat, maka biasanya tekanan darahpun ikut meningkat. Jika anda bisa menurunkan berat badan maka anda pun bisa mengurangi tekanan darah yang mengancam kesehatan. Selain itu anda pun harus mulai memperhatikan lingkar pinggang anda, karena jika lingkar pinggang anda semakin banyak menyimpan lemak maka anda semakin berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Keempat, atasi stres anda. Stres dan depresi merupakan salah satu yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Cari tahu penyebab stres yang seringkali anda alami. Apakah dari pekerjaan, masalah keluarga, keuangan, atau penyakit yang diderita. Setelah anda mengetahui penyebab stres, berikutnya pertimbangan apa yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres seperti beristirahat, latihan pernafasan, pijat refleksi, meditasi dan lain-lain. semakin anda bisa mengatasi stres, maka anda pun akan terhindar dari lonjakan pada tekanan darah anda.

Demikian 4 tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan pola hidup sehat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *