Bagaimana Cara Cuci Tangan yang Benar?

Mencuci tangan merupakan salah satu kebiasaan yang harus selalu diterapkan setiap keluarga terlebih sebelum makan maupun sesudah makan. Meskipun terlihat sepele, namun hal tersebut memberikan dampak yang besar buat kesehatan. Mungkin sebagian besar dari kita masih banyak yang mencuci tangan dengan ala kadarnya. Bahkan masih banyak orang juga mencuci tangan hanya seperlunya saja dan tanpa menggunakan sabun. Hal tersebut tentu membuat perkembangan kuman penyebab penyakit semakin pesat. Tak heran jika sistem kekebalan tubuh seseorang tersebut sedang tidak baik maka sangat rentang akan terserang penyakit. Mencuci tangan dengan cara yang benar merupakan salah satu cara ampuh untuk memberantas segala kuman penyakit, karena perlu anda ketahui bila sebagian besar kuman penyebab penyakit berasal dari tangan. Lantas bagaimana cara cuci tangan yang benar ? Berikut ulasannya buat anda.

Langkah pertama: basahilah semua bagian permukaan tangan dengan menggunakan air yang mengalir.

Langkah ke dua: tuangkanlah sabun antibakteri secukupnya ke dalam telapak tangan. Untuk hasil maksimal gunakan sabun cuci khusus antibakteria yang mungkin bisa anda dapatkan dari produk Lifebuoy Hand Wash.

Langkah ke tiga: usap dan gosok-gosokkan tangan hingga cairan sabun pencuci tangan mengeluarkan busa secara maksimal.

Langkah ke empat: ratakan busa sabun sambil gosokkan tangan hingga kurang lebih 20 detik. Dalam mencuci tangan selalu ingatlah untuk menggosok semua bagian-bagian dari tangan, mulai telapak tangan, bagian punggung tangan, sela-sela jari jemari, kuku, hingga pergelangan tangan.

Langkah ke lima: bilaslah tangan menggunakan air mengalir hingga busa sabun menghilang.

Langkah terakhir: keringkan tangan menggunakan alat pengering tangan ataupun handuk dan tisu kering.

Itulah beberapa cara cuci tangan yang benar dan mungkin nantinya dapat anda praktikkan di rumah mulai sekarang. Meskipun terlihat sederhana, namun ketahuilah jika mencuci tangan memberikan dampak yang luar biasa terlebih untuk tubuh kita. Yuk, jadilah pelopor kesehatan bagi keluarga anda dengan menerapkan mencuci tangan sebelum atau sesudah makan menggunakan sabun anti kuman Lifebuoy demi terciptanya kehidupan sehat buat anda dan keluarga yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *