Gejala Diabetes Melitus yang Harus Diwaspadai

Mengetahui gejala diabetes melitus bisa membuat Anda lebih waspada akan munculnya penyakit tersebut. Jika gejala terdeteksi sejak dini tentunya penyembuhan penyakit pun akan menjadi semakin mudah. Jadi jika Anda merasa beresiko terjangkit penyakit ini atau hanya ingin berhati-hati terhadap kemunculannya, Anda bisa mempelajari apa saja gejala-gejala yang muncul pada penderita.

Polidipsia

Gejala diabetes melitus yang paling umum terjadi adalah polydipsia atau rasa cepat haus. Rasa haus ini bisa sangat berlebihan karena mulut terasa kering. Yang membedakan hausnya penderita diabetes dengan orang normal adalah perasaan tersebut biasanya masih ada meskipun Anda sudah banyak minum. Hal ini disebabkan di dalam tubuh Anda ada perasaan dehidrasi karena gula darah terus menyerap air. Karena terus menerus merasa haus dan ingin minum akibatnya penderita pun sering buang air kecil. Intensitasnya bisa sangat sering melebihi orang normal. Terlalu sering buag air kecil kemudian merasa dehidrasi dapat membuat fungsi ginjal terganggu.

Poliphagia

Selain mudah haus, penderita diabetes juga mudah lapar atau disebut dengan polyphagia. Rasa lapar ini bisa jadi tidak normal karena berlebihan. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan insulin sehingga tubuh pun secara otomatis kehilangan energi dan akhirnya akan mudah merasa lapar. Akan tetapi meskipun mudah lapar dan haus berat badan penderita diabetes cenderung menurun. Penurunan bisa terjadi sangat drastis tanpa alasan yang jelas. Hal ini karena tubuh menggunakan lemak atau otot sebagai pengganti energi saat metabolisme glukosa dalam darah terganggu. Jika Anda tidak ingin hal-hal tersebut terjadi pada Anda, mulailah menjalani hidup sehat dengan memilih gula yang tepat seperti Tropicana. Jadi menjauhi diabetes bukan berarti menjauhi gula. Tropicana memberikan solusi pada Anda yang tetap ingin makan makanan manis tanpa harus khawatir dengan penyakit gula atau diabetes karena gula Tropicana rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maupun bukan penderita diabetes. Waspadai gejala diabetes melitus yang bisa saja mengincar Anda dan ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

Leave a Reply