Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Untuk Kesehatan Keluarga Ibu

Tampilan dapur yang bersih dan kinclong tentu akan membuat kegiatan ibu rumah tangga yang cukup banyak didapur akan terasa nyaman bukan ? Bisa jadi di dapur inilah sumber penyakit sebab bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan yang masih melekat pada piring dan peralatan masak tidak bersih dicuci. Namun, ada yang lebih menarik lagi tentunya, bila anda olah dan tata bisa jadi lebih bersih tentunya membuat kesehatan keluarga Ibu terjaga setiap saat. Apabila setiap selesai memakai peralatan dapur, segera dibersihkan, kemudian bahan-bahan yang sudah tidak diperlukan segera dibuang, ruang dapur dibersihkan dengan cara menyapu atau mengepel dan lain sebagainya tentu akan menghasilkan tampilan dapur yang menawan dan nyaman.

Apakah harus dapur dipenuhi dengan peralatan dapur yang serba mahal supaya dapur terlihat cantik, bersih sehingga kesehatan keluarga ibu terjaga ? Tidak harus. Perawatan secara teratur lah yang membuat tampilan dapur terlihat bersih dan kinclong. Berikut ini ulasan beberapa cara untuk menjadikan tampilan dapur menjadi bersih dan kinclong supaya berbagai kegiatan ibu rumah tangga yang dikerjakan di dapur pun terasa nyaman.

1. Para ibu rumah tangga yang kesehariannya tak dapat lepas dari dapur, anda harus dapat menata dengan baik peralatan dapur yang ada. Caranya pun mudah, gantunglah peralatan dapur yang dapat digantung supaya meja dapur pun tak banyak peralatan menumpang. Sementara peralatan dapur yang tidak dapat digantung, tatalah pada rak ataupun lemari secara rapi. Posisikan dengan benar supaya saat hendak dipakai, mengambilnya cukup mudah dan tidak membongkar peralatan lain yang sudah ditata.

2. Jangan biarkan perlatan dapur dan peralatan makan yang telah dipakai menumpuk di wastafel tempat mencuci. Segera bersihkan noda-noda yang menempel pada peralatan dapur dan peralatan makan agar tidak terlalu lama menempel yang justru malah membuat mencuci susah. Gunakan Sunlight agar hasil mencuci lebih bersih, bebas bau, lemak ataupun bakteri.

3. Selain segera membersihkan peralatan dapur, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan wastafel tempat mencucinya. Membersihkan area wastafel dan juga area kompor biasanya kerap kali diabaikan oleh para ibu rumah tangga. Padahal hal tersebut jika dilakukan secara berkala akan menghasilkan tampilan dapur menjadi bersih dan kinclong. Anda hanya perlu mengusap bagian sekitar wastafel dengan menggunakan Sunlight yang kemudian bilas perlahan lahan dengan siraman air bersih.

4. Tips selanjutnya adalah sediakan tempat sampah di dapur. Tempat sampah adalah salah satu barang yang tidak boleh dijauhkan dari dapur. Salah satu kegiatan ibu rumah tangga adalah memasak, dimana memasak tentu ada beberapa bahan yang tidak perlu dan harus dibuang. Apabila tempat sampah tidak disediakan dekat dengan dapur, sampah dari bahan masakan akan tergeletak di meja dapur dan akan membuat dapur kotor.

Leave a Reply