Hidup Bersih dan Sehat: Bebas dari Gejala Penyakit Diare Akut

Jika Anda atau kerabat Anda menderita diare akut, Anda harus waspada karena diare akut ini bisa berujung pada kematian. Gejala penyakit diare akut sama seperti gejala penyakit diare biasa, namun dalam diare akut, ada gejala dehidrasi yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Dehidrasi merupakan keadaan dimana si penderita kekurangan cairan karena cairan tubuhnya terbuang terus-menerus saat buang air besar. Dehidrasi ini dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu dehidrasi ringan, dehidrasi sedang, dan dehidrasi berat. Anda harus mengetahui tanda-tanda dari masing-masing kategori dehidrasi tersebut agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengobatinya.

Tanda-tanda dehidrasi yang pertama pada gejala penyakit diare akut ini adalah gelisah, rewel, mata cekung, air mata tidak ada, mulut dan lidah kering, sangat haus, dan kekenyalan kulit kembali melambat. Tanda-tanda ini dirasakan oleh penderita diare akut dengan dehidrasi ringan dan sedang. Selanjutnya, bagi penderita diare akut dengan dehidrasi berat, tanda-tanda yang dirasakannya adalah lesu, tak sadar, mata sangat cekung, air mata tidak ada, mulut dan lidah sangat kering, malas atau tidak bisa minum, dan kekenyalan kulit kembali sangat lambat. Jika dehidrasi sudah pada tingkat yang berat, kemungkinan besar penderita akan meninggal dunia karena pada titik tersebut, kandungan cairan pada tubuh si penderita sudah sangat minim.

Agar terhindar dari penyakit diare akut ini, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah berikut. Cara pertama adalah Anda harus menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Yang kedua, Anda harus memasak air atau makanan hingga matang karena jika belum matang, makanan masih mengandung kuman yang dapat menyebabkan diare. Kemudian, cara ketiga adalah Anda harus menutup makanan yang sudah Anda siapkan untuk makan dengan menggunakan tudung saji agar tidak terkontaminasi dengan kuman yang ada di ruangan tersebut. Lalu, cara yang terakhir adalah mencuci tangan dengan Lifebuoy setelah memegang sesuatu yang kotor atau sebelum dan sesudah makan. Sabun cuci tangan dari Lifebuoy akan membasmi kuman-kuman yang ada di tangan Anda hanya dengan 10 detik. Lifebuoy akan menghindarkan Anda dari gejala penyakit diare akut yang dapat menyerang Anda kapanpun.

Leave a Reply