6 Khasiat Susu Kedelai Untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Apa sih khasiat susu kedelai itu? Sebelum membahasnya, ada 2 jenis susu yang perlu kalian ketahui yakni susu protein nabati dan hewani. Susu protein yang asalnya dari hewani, umumnya berasal dari susu kambing etawa dan susu sapi. Sementara untuk jenis susu protein yang asalnya dari nabati, biasanya diperoleh dari sari kacang kacangan yakni kedelai dan almond. Walaupun asalnya berbeda, tetapi dua jenis susu tersebut memiliki manfaat atau khasiat yang tak jauh berbeda. Nah, pasti Anda penasaran bukan mengenai khasiat susu kedelai yang pastinya sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh? Susu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi yang berupa phytoestrogen, lemak nabati, antioksidan, vitamin E, vitamin B2, protein, vitamin D, asam folat, kalsium, mineral dan asam amino.

Dengan tersimpannya kandungan susu kedelai tersebut, membuat sari susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat atau khasiat yang sangat menakjubkan untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Nah, agar rasa penasaran Anda segera terbayarkan, berikut khasiat susu kedelai untuk menunjang kesehatan tubuh :

  • Sebagai Penjaga Kesehatan Jantung

Sari kedelai hanya memiliki kandungan lemak jenuh dengan jumlah sedikit, jadi tidak akan bisa membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat. Sehingga sari kedelai cocok untuk menjaga dan menstabilkan kesehatan jantung serta susu kedelai tidak akan membuat tubuh menjadi obesitas.

  • Sebagai Pencegah Diabetes Melitus

Penyakit kencing manis atau diabetes umumnya terjadi karena kurangnya hormon insulin dalam tubuh, sehingga timbul kelainan metabolisme protein, metabolisme eletrolit, metabolisme lemak dan metabolisme karbohidrat.

  • Sebagai Pencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Dalam kandungan susu kedelai tersimpan kandungan yang namanya phytoestrogen yang sangat melimpah. Dimana phytoestrogen ialah hormon yang ada pada tanaman dan memiliki kemampuan yang sangat tepat sebagai penghambat munculnya hormon testosterone terhadap pria. Nah, apabila hormon testosterone berkurang maka resiko tumbuhnya kanker prostat dalam tubuh dapat berkurang.

  • Sebagai Penjaga Kesehatan Tulang

Susu kedelai memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pemberi nutrisi terhadap tulang, menguatkan tulang dan menjaga struktur kekuatan tulang dan pencegah timbulnya osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *