Ayo Ciptakan Hidup Bersih

Menjalani hidup dengan keadaan lingkungan yang bersih adalah fitrah manusia. Setiap manusia pada hakikatnya menginginkan lingkungan sekitarnya selalu bersih, rapi, terawat dan sehat. Namun, cita-cita tersebut rupanya tidak semua diwujudkan oleh semua orang mengingat hal yang satu dengan yang lain. Rasa malas yang menggunung adalah faktor yang menjadi penghambat manusia untuk selalu menjaga kebersihan baik kebersihan dirinya atau lingkungan sekitarnya. Hal-hal yang paling kentara dan mudah didapati adalah ketika masih ada sebagian orang yang tidak membereskan dan membersihkan tempat tidurnya, enggan untuk menyapu dan mengepel lantai, tidak mau membersihkan debu dan malas untuk membuang sampah pada tempatnya. Disamping itu, manusia pun terkadang malas untuk menjaga kebersihan dirinya. Malas menggosok  gigi, jarang mandi, tidak cuci tangan pakai sabun dll merupakan serangkaian aktivitas untuk membersihkan diri sendiri yang sering dilanggar oleh manusia sendiri.

Membersihkan anggota badan sendiri merupakan tanggung jawab manusia itu sendiri. Kebersihan diri ini erat sekali dengan kualitas kesehatan yang melekat pada orang tersebut. Ketika dijumpai orang yang sehat, indah, berseri, enak dilihat dan kharismatik berarti orang tersebut sudah menjalankan pola hidup sederhana yang indikator sederhananya adalah memastikan semua anggota badannya terbebas dari segala bakteri dan kuman penyebab penyakit dengan cara-cara sederhana namun dilakukan secara rutin seperti mandi setiap hari, menggosok gigi pagi dan sebelum tidur dan cuci tangan pakai sabun. Hal-hal tersebut sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika semua hal itu dilakukan maka dapat dipastikan penyakit pun bisa dicegah.

Hal yang paling sederhana namun seringkali diabaikan adalah mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun. Setelah berbagai aktivitas kadang-kadang manusia merasa malas dan tidak acuh untuk membersihkan tangan terutama kedua telapak tangannya. Tanpa disadari tangan yang terlihat bersih tersebut dipakai untuk mengambil makanan yang hendak dimasukan ke dalam mulutnya. Bisa dibayangkan, kuman dan bakteri yang tidak kasat mata melekat dan turut serta dalam makanan yang manusia makan. Oleh sebab itu tidak aneh dan menjadi rahasia umum bahwa semua penyakit itu erat kaitannya dengan faktor kebersihan seseorang.

 

Leave a Reply