Kesalahan Cara Baby Spa di Rumah

Cara baby spa di rumah memang mudah dan bisa dilakukan oleh setiap ibu. Manfaat dari baby spa juga banyak sehingga buah hati bisa lebih optimal tumbuh kembangnya. Tapi sayangnya, tanpa sengaja terkadang ibu melakukan beberapa kesalahan ringan berikut ini sehingga baby spa yang dilakukan kurang berhasil.

Tenggelam

Kalau tidak hati-hati, buah hati kita bisa tenggelam ketika berenang. Nah, ini resiko melakukan baby spa yang perlu diwaspadai. Kalau anak sampai tenggelam tentu akan mengakibatkan trauma dan masuknya air ke paru-paru. Untuk mencegah tenggelam di dalam air, sebaiknya air untuk spa bayi disesuaikan dengan usia anak. Jangan memberikan air terlalu penuh. Anda juga bisa memakaikan pelampung leher ketika buah hati sedang berenang agar lebih aman.

Trauma

Salah satu tahap teknik spa bayi di rumah adalah dengan berenang. Pertama kali anak masuk ke air yang agak dalam biasanya akan ketakutan. Ibu perlu mencoba membujuknya agar mau bermain air. Tapi jangan memaksa sampai si kecil menangis histeris karena hal itu akan menyebabkan trauma. Untuk pertama kali, cukup masukkan bayi ke dalam air selama 5 menit agar tidak timbul rasa takut ketika dilakukan spa bayi berikutnya.

Memberi Bedak Setelah Mandi

Memberikan bedak dengan teknik yang salah akan mengakibatkan alergi kulit dan gangguan pernafasan. Bila anda ingin membedaki bayi, sebaiknya jangan dituang di depannya karena abu bedak tersebut bisa terhidup. Cara yang benar adalah menabur bedak di tangan dengan posisi membelakangi bayi. Setelah abunya hilang baru dioleskan pada buah hati kita. Kalau bayi alergi, setelah cara baby spa di rumah tidak usah diberikan bedak.

Mandi Kurang Bersih

Mandi kurang bersih akan menimbulkan sisik di kulit bayi. Tentu ini membuatnya tidak nyaman dan mudah diinangi kuman. Gunakan sabun zwitsal yang mampu melunturkan kotoran dan sisa pengelupasan kulit bayi tanpa membuat kulitnya kering. Zwitsal telah diramu khusus sesuai dengan jenis kulit bayi. Jadi, teknik baby spa sederhana di rumah menjadi lebih sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *