TIPS TETAP SEHAT DI USIA SENJA

TIPS TETAP SEHAT DI USIA SENJA

Tips kesehatan berikut perlu diterapkan ketika Anda mulai memasuki usia senja. Seiring dengan bertambahnya usia, kebiasaan sehat juga perlu terus dijaga dan disesuaikan dengan usia Anda saat itu. Apalagi pada usia senja sekitar 50, 60 hingga 70 tahun lebih dimana perubahan akan banyak terjadi pada tubuh dan lingkungan kita. Pandangan umum yang menganggap bahwa semakin tua usia maka otomatis kesehatan akan semakin menurun tidak sepenuhnya benar karena banyak orang yang telah tua masih memiliki kesehatan yang kuat.

Salah satu tips tersebut ialah tetap berolahraga meski usia sudah senja. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting agar tetap sehat sepanjang hidup. Dengan berolahraga, maka kita dapat tetap kuat, lincah, mendorong kesehatan mental dan juga mengurangi rasa sakit akibat penyakit kronis. Selain itu, dengan berolahraga teratur, juga mampu meningkatkan rasa percaya diri secara alami.

Tips kesehatan berolahraga bagi mereka yang sudah tua tentu sedikit berbeda dengan mereka yang masih muda. Hal pertama yang harus diingat adalah, sebelum memulai berolahraga, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai kondisi kesehatan dan obat yang sedang dikonsumsi sehingga kita dapat memilih olahraga yang cocok dan tepat. Kemudian, anda juga bisa mencari aktivitas olahraga secara berkelompok sehingga dapat memotibasi Anda untuk terus berolahraga. Aktivitas olahraga individual seperti berenang juga bisa jadi alternatif jika Anda memang menyukainya. Untuk menghindari cedera, biasakan untuk memulai olahraga dengan gerakan-gerakan lambat dan intensitas yang tidak terlalu banyak. Jika sudah mulai terbiasa kita bisa mulai meningkatkan porsi latihan olahraga. Olahraga yang banyak dilakukan dan memang bagus bagi para manula adalah berjalan. Ini adalah latihan terbaik dengan kelebihan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan peralatan dan pengalaman sebelumnya.

Baca Juga : POLA MAKAN YANG SEHAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *