5 Gejala Umum Penyakit Tipes

5 Gejala Umum Penyakit Tipes

5 Gejala Umum Penyakit Tipes

Tidak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia mempunyai musim yang tidak menentu. Musim pancaroba yang kerap terjadi di Indonesia menjadikan masyarakat juga rentan untuk terserang penyakit, dimana kebersihan lingkungan jelas sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Nah, salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia dan disebabkan oleh salah satunya kurang bersihnya lingkungan sekitar adalah penyakit tipes. Sebagian besar orang sepertinya telah mengenal penyakit yang satu ini. Untuk bisa menanganinya segera, maka perlu diwaspadai sedini mungkin mengenai gejala tipes. Karena tidak hanya 1 saja gejala yang dialami oleh penderita tipes. Berikut ini 5 gejala tipes yang umum :

1. Demam

Demam atau suhu badan yang mengalami peningkatan adalah gejala utama seseorang terserang penyakit tipes. Akan tetapi demam yang terjadi tidak pasti. Seseorang yang mengalami tipes suhu badanya naik turun. Biasanya malam hari suhu badan meningkat dan di pagi dan siang hari menurun.

2. Sakit Perut

Gejala tipes yang selanjutnya adalah sakit perut, mual dan bahkan muntah. Hampir semua penderita tipes mengalami gejala dengan perut yang nyeri. Hal tersebut ini dikarenakan usus penderita tipes terinfeksi oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Nyeri perut yang dialami oleh penderita tipes tidak jauh berbeda dengan maag. Akan tetapi untuk tipes lebih ke peut bagian kiri.

3. Sistem Pencernaan Bermasalah

Penderita tipes akan ditandai dengan salah satu gejalanya adalah gangguan pada sistem pencernaan, terutama BAB yang tidak teratur. Terkadang mengalami diare yang susah untuk berhenti dan bahkan bisa sulit untuk BAB. Dengan masalah pencernaan ini ada kaitannya dengan gejala tipes yaitu sakit perut. Sistem pencernaan yang bekerja tidak sempurna menyebabkan penderitanya pun sering mengelukhkan sakit perut serta juga penderita bisa lemas karena seringnya buang air besar.

4. Lidah Pucat

Lidah juga bisa menjadi salah satu tanda seseorang terserang tipes. Pada umumnya penderita tipes lidahnya mengalami perubahan warna putih pucat. Kemudian di tepi dan juga ujung lidah bewarna kemerahan. Bibir juga mengalami pecah-pecah.

4. Nasfu Makan menurun

Kebanyakan orang yang terserang penyakit tipes akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika sudah demikian ini akan menjadikan berat badan penderita pun juga bisa mengalami penurunan.

Sebelum menemui gejala-gejala penyakit tipes yang telah disebutkan diatas, alangkah jauh lebih baik untuk melakukan pencegahan mulai dari sekarang dengan salah satunya adalah menjaga kebersihan. Biasakan hidup sehat dengan mencuci tangan memakai sabun antibakteri seperti Lifebuoy saat sebelum dan sesudah makan.

Pentingnya Mewaspadai Faktor Penyebab Wanita Terserang Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *