Menu Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Menu Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Menu Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Mengkonsumsi makanan Sehat bergizi bukan hal yang sulit bagi kehidupan, dalam sebuah lingkungan sebenarnya banyak sekali makanan yang dapat kita konsumsi dengan gizi yang cukup, namun permasalahan yang tidak pernah diketahui yaitu “jenis makanan apa saja yang mengandung gizi?”, yang umum kita ketahui makanan yang bergizi itu adalah empat sehat lima sempurna namun untuk jenis makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna ternyata kita tidak mengetahuinya.

Untuk menambah wawasan dalam menjalankan kehidupan yang sehat, berikut makanan yang termasuk dalam 4 sehat lima sempurna, yang mengandung karbohidrat seperti, umbi-umbian, kentang, gandum, nasi, serta jagung. Kedua, berfungsi sebagai zat pembangun untuk tubuh kita, yaitu lauk pauk, ada daging, ikan, tahu, tempe dan telur.

Dalam perkembangan tubuh ditunjang dengan vitamin, serat, protein nabati, semua itu terkandung dalam “sayuran” yang merupakan tahap ketiga dari makanan 4 sehat lima sempurna. Sayuran yang hijau sangat baik untuk di konsumsi seperti bayam, tomat, brokoli, terong, kol, pare, daun pepaya, dll.

Buah-buahan sebagai tahap ke empat dari menu makanan sehat, buah yang kaya akan vitamin, mineral, juga serat, dengan mengkonsumsi  jenis-jenis buah dapat membantu proses pencernaan dengan baik.

Terakhir adalah “susu” berfungsi untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Selain itu susu juga sebagai kalsium yang dibutuhkan Tulang.

Pola Makan Dengan Gizi Seimbang:

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya harus memiliki gizi yang seimbang, di Indonesia sendiri, penyuluhan gizi yang seimbang selalu diselenggarakan dengan mengikut sertakan dokter dan bidan yang ahli dalam gizi “Posiandu”. Semua hal tersebut dijelaskan dalam tumpeng gizi seimbang, bahwa kita harus minum air sebanyak 2 litter setara dengan 8 gelas per harinya, selain itu makan makanan pokok, protein nabati, hewani, sayuran, serta buah-buahan, pada bagian paling ujung tumpeng, dianjurkan kita untuk mengkonsumsi gula secukupnya,  dan bagian paling dasar tumpeng, merupakan himbauan untuk menjalani pola hidup sehat dengan cara olahraga yang teratur, menjaga kebersihan lingkungan, kalau semua hal tersebut sudah kita lakukan, berarti kita sudah menjalankan pola makan dengan gizi seimbang.

Baca Juga : 5 MAKANAN BERGIZI UNTUK PAYUDARA YANG SEHAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *