Nutrisi Terbaik yang Diperlukan Ibu Hamil Untuk Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama

Perkembangan janin trimester pertama

Nutrisi Terbaik yang Diperlukan Ibu Hamil Untuk Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama

Nutrisi Terbaik yang Diperlukan Ibu Hamil Untuk Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama

Perkembangan janin trimester pertama – Kebutuhan nutrisi ibu hamil jelas sangat penting untuk selalu dipenuhi lantaran kebutuhan ibu hamil harus dapat menutrisi dengan baik janin yang ada di dalam kandungannya. Nutrisi-nutrisi penting untuk ibu dan janin harus dapat dicukupi dengan baik, lantaran jika ibu kekurangan nutrisi maka janin akan beresiko untuk mengalami berbagai masalah kesehatan.

Nah, asupan nutrisi terbaik tersebut harus sudah bisa ibu penuhi sejak trimester pertama kehamilan. Perkembangan janin trimester pertama yang belum sempurna menuntut ibu untuk lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari maupun dalam beraktitas. Konsumsi makanan-makanan sehat dengan nutrisi terbaik untuk ibu dan janin pada trimester awal agar pekembangan janin di fase yang bisa dikatakan sebagai fase kehamilan yang krusial ini dapat berkembang secara optimal lagi.

Janin yang baru terbentuk pada trimester pertama ini sangat memerlukan nutrisi yang cukup. Nah, berikut ini beberapa nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil di masa kehamilan trimester pertama untuk menunjang perkembangan janin yang lebih optimal dan jelasnya juga untuk kesehatan ibu di masa kehamilannya :

1. Pada minggu pertama hingga minggu keempat, salah satu nutrisi yang diperlukan ibu hamil adalah kalori yang bisa didapatkan dari lauk pauk seperti daging merah salah satunya. Kalori ini diperlukan supaya tubuh ibu mempunyai energi yang cukup, serta juga supaya perkembangan janin trimester pertama di minggu-minggu awal yang masih mulai membentuk berbagai organ dapat berkembang optimal. Jumlah kalori yang perlu dikonsumsi minimal 2000 Kcal per harinya.

2. Memasuki minggu kelima hingga keenam, nutrisi berupa mineral dan juga vitamin penting untuk dipenuhi oleh ibu. Nutrisi ini bisa ditemukan pada banyak sayuran hijau seperti sawi, bayam, ataupun brokoli. Kehamilan trimester pertama yang sering kali memunculkan gejala berupa morning sickness membuat ibu perlu memenuhi asupan nutrisi Vitamin B6 yang berfungsi untuk meminimalisir rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Vitamin B6 ini bisa ibu dapatkan dengan mengkonsumsi susu khusus ibu hamil seperti Lactamil Inisis. Lactamil Inisis kaya akan vitamin B6, yang mana kandungan vitamin B6 di dalam Lactamil Inisis ada 295% AKG.

3. Saat minggu ketujuh serta kedelapan, ibu perlu nutrisi berupa kalsium. Karena perkembangan janin trimester pertama untuk di minggu ini adalah rangka-rangka tubuhnya sudah mulai membentuk. Maka, agar pembentukan tulang pada janin bisa berjalan optimal, asupan kalsium sebanyak 1000 mg per harinya penting untuk dikonsumsi ibu. Kalsium juga bisa ditemukan pada susu ibu hamil terbaik seperti Lactamil.

4. Pada minggu ke-9, asupan nutrisi berupa asam folat penting untuk dipenuhi sebagai penunjang perkembangan otak janin yang juga perlu nutrisi berupa asam amino lebih tepatnya ketika memasuki usia kehamilan minggu ke-10. Asam amino ini juga bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Lebih kompleks lagi jika dipadukan dengan DHA dan klorin supaya janin dapat memproduksi sel otak yang lebih sempurna

5. Pada akhir trimester pertama, berbagai vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, sampai dengan vitamin B6 perlu uintuk dipenuhi oleh ibu. Vitamin tersebut berfungsi untuk menjauhkan bayi dari masalah kelahiran yang tak sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *