Tanda-Tanda Anda Harus Lakukan Cek Kolesterol

Sebagian dari kitaa sering mengabaikan berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan. Padahal kesehatan menjadi satu patokan seseorang menjadi manusia yang produktif. Salah satu kegiatan yang lebih baik rutin dilakukan adalah cek kolesterol atau mengecek kadar kolesterol dalam darah. Semakin usia bertambah, semakin rentan juga kadar kolesetrol menjadi tidak terkendali. Bukan hanya masalah rupa dan penampilan, bertambahnya usia juga membuat tubuh semakin rentan terkena penyakit. Mulai dari penyakit yang kecil hingga penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Kesadaran terhadap pemeriksaan rutin menjadi satu cara untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut hinggap di tubuh. Anda tentu tidak ingin kan mengidap penyakit yang mengganggu produktivitas Anda?

Cek kolesterol merupakan satu bagian penting untuk mencegahnya. Tetapi ada beberapa tanda di mana membuat Anda lebih baik mengecek kadar kolesterol dalam waktu dekat. Tanda yang pertama ialah ketika Anda tiba-tiba merasa terjadi gangguan pada kesehatan Anda dalam waktu beberapa hari. Misalnya Anda merasakan sakit kepala setelah makan makanan berlemak, atau merasa nyeri di bagian-bagian tubuh seperti pada sendi dan punggung. Anda juga lebih baik memeriksakan kadar kolesterol ketika merasa tubuh menjadi mudah lelah dan tidak seaktif seperti biasa. Dengan melakukan pengecekan maka Anda akan tahu berapa kadar kolesterol yang terkadang menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti di atas.

Tidak hanya pada gangguan kesehatan, kolesterol jahat juga mempengaruhi keadaan emosi seseorang. Mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan lebih mudah marah. Terkadang hal tersebut membuat penyakit lain datang seperti jantung koroner yang menyerang secara tiba-tiba. Melakukan cek kolesterol dapat menjadikan seseorang memiliki kemauan untuk hidup lebih sehat. Biasanya mereka yang melakukan pengecekan secara rutin akan mencoba mengatur asupan dalam tubuh serta menghindari berbagai hal yang dapat memicu kenaikan kadar dalam kolesterol. Dokter yang mengecek juga akan membimbing dan memberi beberapa obat-obatan bila kadar kolesterol sudah melebihi standar pada umumnya. Obat-obatan dapat berupa obat kolesterol dan juga vitamin.

Pada umumnya, kenaikan pada kadar kolesterol terjadi akibat terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak berlebihan. Mungkin pada awalnya tidak terasa apa-apa, tetapi sekian jam setelahnya, ketika kadar lemak berganti menjadi kolesterol jahat dan mengalir dalam darah, gangguan kesehatan mulai berdatangan. Istirahat yang kurang serta olahraga yang tidak rutin juga memicu kolesterol jahat tidak pergi dari tubuh. Untuk mendapat berbagai informasi lebih lengkap dengan ahlinya, Anda dapat menghubungi Konsula sebagai lembaga kesehatan di Indonesia. Anda juga bisa mendapatkan pengecekan kesehatan dengan standar yang berkualitas seperti cek kolesterol agar mengetahui ada tidaknya potensi terkena penyakit kronis. Khususnya bagi Anda yang gemar makan makanan berlemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *