Memahami Perkembangan Psikologi Anak Sejak Dini

Memahami Perkembangan Psikologi Anak Sejak Dini

Membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak memang tidak akan ada habisnya dan pembicaraan sebagian besar orang tua tentu saja tentang perkembangan kemampuan anaknya. Namun seringkali kita lihat, orang tua hanya fokus melihat perkembangan secara fisik. Sementara itu perkembangan psikologi anak tidak begitu mendapatkan perhatian.

Aspek psikologis memang sulit untuk dilihat secara langsung karena berkaitan dengan sisi emosional anak. Tidak jarang kita melihat orang tua merasa kebingungan saat menghadapi perilaku anak, padahal penting bila orang tua bisa mengetahui sejauh mana psikologi anak telah berkembang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa, anak memerlukan sosok pendamping dalam proses mengembangkan segala aspek seperti psikologi, kognitif, komunikasi, sosialisasi dan lainnya. Orang tua dalam hal ini berperan sebagai pendamping  bisa meningkatkan proses pembelajaran sang anak melalui pendidikan di luar rumah misalnya Playgrup ataupun PAUD.

Apa Saja Aspek Pendukung Perkembangan Psikologi Anak?

Dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, ada begitu banyak aspek yang memiliki peran-nya masing masing. Namun pada hakikatnya semua aspek tesebut saling besinergi membentuk karakter anak dan juga perilakunya dalam kehidupan sehari hari. Aspek pendukung yang dimaksud seperti kemampuan kognitif yang terus berkembang dimana sang anak memiliki refleks terhadap rangsangan dari luar baik bersifat verbal maupun visual.

Sejak usia anak menginjak 1 tahun, maka perkembangan bahasa-nya pun secara bertahap terus meningkat. Sang anak mulai bisa mengoceh dan mengucapkan kalimat sederhana, kemampuan seperti ini terus berkembang hingga memasuki masa sekolah. Selain itu pertumbuhan fisik juga tidak boleh dilewatkan begitu saja, dengan fisik yang kuat dan sehat maka akan mendorong perkembangan aspek lainnya mulai dari sosio emosional dan lainnya.

Dalam upaya menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik anak, maka penting bagi orang tua terus memantau dan memberikan asupan gizi yang cukup setiap hari. WYETH selaku produsen produk nutrisi anak sangat menyarankan kepada orang memberikan susu formula terbaik misalnya Promise Gold setiap hari agar perkembangan psikologi anak terus meningkat sesuai dengan tingkatan usianya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai memahami psikologi anak beserta perkembangannya, jika ingin tahu lebih Anda tentang perkembangan psikologi bisa masuk ke situs www.parentingclub.co.id, gunakan aplikasi parentingclub di menu smart strength finder. Semoga informasi yang telah dijelaskan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *