Cara Menjadikan Dapur Bersih Selalu Dan Bebas Dari Jamur

Dapur di rumah kita memiliki banyak sekali perabotan yang terbuat dari macam-macam material berbeda. Ada yang terbuat dari stainless steel, ada yang terbuat dari besi, aluminium, plastik sampai dengan kayu. Nah, berbagai perabotan tersebut punya resiko jadi tempat tumbuhnya jamur, apalagi perabotan yang terbuat dari kayu dan tidak dirawat dengan baik. Resiko jamur tumbuh di perabotan dapur ini salah satunya dipicu oleh kondisi cuaca ditambah juga dengan sirkulasi udara di dapur yang kurang baik. Mengingat bahwa dapur adalah tempat untuk mengolah makanan, maka anda harus bisa dengan cermat menjaga dapur bersih selalu. Coba bayangkan apabila perabotan dapur ditumbuhi jamur dan kemudian digunakan untuk memasak, hal ini jelasnya akan berpengaruh buruk pada kesehatan para anggota keluarga.

Ada banyak celah untuk jamur bertumbuh. Bisa di spons pencuci piring, bisa di kitchen set ataupun piring bekas makanan yang belum dicuci. Yang menjadi masalah adalah, tidak semua pertumbuhan jamur bisa kita lihat karena terlalu kecil, hanya ada beberapa saja yang bisa dilihat dengan mudah. Lalu bagaimana cara membuat dapur bersih bebas dari jamur ? Berikut ini ada beberapa caranya :

  1. Periksa secara berkala berkala perlengkapan memasak di dapur anda. Apabila terdapat bagian kitchen set yang rusak, entah itu keropos dan lainnya, cobalah mengatasi dengan memberi baking soda yang berfungsi untuk menuyerap kelebihan kelembaban yang terdapat pada perlengkapan memasak anda di dapur. Kalaui sudah, anda bisa memberikan cengkeh yang sudah ditumbuh halus pada kitchen set yang nampak terdapat jamur. Cengkeh punya kandungan yang mampu untuk membasmi jamur.
  2. Perhatikan sirkulasi di dapur. Pastikan ada sirkulasi yang baik, seperti dari jendela maupun ventilasi udara yang berfungsi dengan baik. Dengan begitu jadi aroma-aroma masakan dapat keluar dan tidak menimbulkan dapur engap.
  3. Bersihkan selalu spons pencuci piring setelah digunakan dan usahakan untuk dikeringkan karena jamur dan bakteri suka bertumbuh di tempat yang lembab. Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri untuk membersihkannya. Spons yang kotor juga membuat pemandangan yang kurang enak di dapur anda serta tentunya dapur bersih yang anda inginkan sulit diwujudkan.
  4. Untuk memotong daging, anda kurang disarankan memakai talenan yang terbuat dari kayu. Talenan kayu yang sudah dipakai maupun kitchen set lainnya yang terbuat dari kayu, selalu disinfeksi menggunakan air panas dan perasan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bakterinya. Jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum disimpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *