Kuliner Unik Khas Kediri

Kuliner Unik Khas Kediri

Kuliner Unik Khas Kediri

Kota Kediri merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Kota ini terkenal akan destinasi wisatanya yang sangat fenomenal yaitu gunung Kelud. Tak hanya itu, kota ini memiliki persimpangan yang bisa dianggap unik karena memiliki 5 persimpangan yang dinamakan Simpang Lima Gumul. Di kawasan Simpang Lima Gumul ini mempunyai monumen indah nan megah yang bagus yang terinspirasi monumen L’Archde Triomphe Paris. Bisa dibilang jika monumen ini merupakan Parisnya Jawa Timur, hehe.  Kini, Kediri juga terkenal akan kuliner yang dianggap sebagai makanan unik. Diantaranya sebagai berikut :

  • Sate emprit

Yang unik dari makanan ini adalah menggunakan burung emprit sebagai bahan utama sate ini. Berbeda dengan sate lain yang menggunakan daging sapi, kambing, ataupun ayam sate ini menggunakan daging burung emprit sebagai bahan utamanya. Bumbunya juga sama seperti sate pada umumnya, tapi daging emprit ini sebelum dibakar diberi air campuran asam, gula merah, dan bawang putih agar rasanya lebih lezat. Lebih nikmat lagi  jika makanan ini disajikan dengan ditemani nasi putih dan aneka lalapan sekaligus irisan bawang merah.

  • Sate bekicot

Sate ini menggunakan bekicot sebagai bahan utamanya. Anda dengan mudah menemukan kuliner tepatnya di Ds. Djengkol, Plosklaten, Kediri. Di daerah tersebut selain menyajikan sate bekicot, juga menyajikan aneka olahan bekicot lainnya seperti krengsengan, oseng – oseng, hingga kripik bekicot. Kuliner ini juga terbilang cukup unik dan berbeda dari biasanya.

  • Tahu takwa

Tahu ini bisa dijadikan oleh – oleh khas Kediri. Asal mula nama takwa ini berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti “aroma”. Tahu ini berwarna kuning dengan rasanya yang gurih dan pasti membuat lidah anda tergoda. Satu lagi keunikan dari tahu ini ketika digoreng, bagian luarnya krispi tapi bagian dalamnya sangat lembut.

  • Gethuk pisang

Sesuai dengan namanya, kuliner ini berasal dari bahan baku pisang yang dibungkus dengan daun pisang hingga bentuknya seperti lontong. Gethuk ini memiliki rasa yang asam, legit dan manis yang membuat rasanya khas. Anda dengan mudah menemukan makanan ini di sepajang jalan Dhoho yang ada stand atau lapak yang khusus menjual makanan ini.

Demikian kuliner unik khas Kediri yang bisa penulis bagikan. Jangan lupa mampir untuk menikmati makanan khas daerah ini ketika anda sedang berada di kota Kediri. Makanan khas Kediri memiliki ciri unik yang membedakannya dengan makanan lainnya. Tak heran, jika makanan di Kota ini banyak sekali penggemarnya. Tak hanya itu, makanan khas Kota ini juga bisa dibilang sangat terjangkau. Dulu penulis juga pernah mengunjungi kota ini dan merasakan kuliner khas sana, makanannya juga enak dan hanya menghabiskan Rp. 72.000 untuk enam orang, padahal lauknya empal goreng hehe. Sangat terjangkau bukan? Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *