Berkenalan dengan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

 

Jahe

Dapur kita pasti sudah tidak asing dengan jahe bukan ? Ya, jahe memang menjadi salah bahan yang tidak jarang disertakan ke dalam masakan untuk memberikan cita rasa yang lezat. Nah, dibalik manfaatnya untuk membuat masakan semaki lezat, jahe dapat memberikan manfaat yang juga banyak untuk kesehatan tubuh. Ada banyak nutrisi dan senyawa aktif di dalam jahe yang diduga dapat memberikan sederet manfaat untuk kesehatan. Sehingga tidak heran kalau masyarakat kita banyak yang memanfaatkan jahe untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Nah, mari kita berkenalan dengan sederet manfaat dari jahe. Berikut ini sederet manfaatnya :

 

  1. Meringankan Pusing

Pusing adalah kondisi dimana penderitanya merasa seperti berputar dan kepala yang terasa berat bahkan juga bisa disertai dengan gejala seperti kehilangna kesimbangan. Pusing bisa diringankan dengan memanfaatkan jahe. Jahe disinyalir dapat untuk meringankan pusing, dimana kandungan di dalam jahe dapat merangsang aliran darah menuru ke otak. Selain itu juga rasa mual yang tidak jarang terjadi menyertai pusing pun bisa diredakan dengan jahe. Cukup dengan membuat wedang jahe dan meminumnya dengan rutin hingga kondisi membaik.

 

  1. Mencegah Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Keadaan mual dan muntah yang begitu sering dialami oleh ibu hamil di awal masa kehamilannya alias morning sickness bisa dicegah dengan mengkonsumsi wedang jahe. Akan tetapi, mengingat bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi asupan makanan secara sembarangan, maka jauh lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Osteoarthritis

Terdapat beberapa penelitian yang mengkungkapkan bahwa rasa nyeri osteoarthritis bisa diredam dengan mengkonsumsi minuman ekstrak jahe. Hal ini dikarenakan di dalam jahe terdapat sejumlah senyawa penting yang bisa untuk mengurangi zat kimia pemicu terjadinya peradangan sendi. Tak hanya itu saja, jahe juga dapat memicu tubuh untuk memproduksi asam salisilat yang merupakan zat untuk meredakan rasa nyeri.

 

  1. Mengobati Batuk

Jahe punya sensasi yang hangat di tenggorokan sehingga salah satu manfaat untuk kesehatan tubuh dari jahe adalah dapat membantu meredakan batuk. Selain itu juga jahe punya kandungan yang bersifat sebagai anti-radang yang dapat meminimalisir masalah radang pada tenggorokan maupun menyingkirkan infeksi yang menyebabkan batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *