Macam-Macam Makanan untuk Penderita Diabetes

Makanan untuk Penderita Diabetes

Diabetes

Diabetes bisa dikategorikan sebagai penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula didalam tubuh. Penyakit tersebut bisa muncul karena sistem tubuh tidak bisa memproduksi insulin secara sempurna. Bagi setiap penderita diabetes baiknya segera mendapatkan pertolongan medis, karena bagaimanapun kadar gula yang terlalu tinggi dapat berpotensi menimbulkan penyakit lain. Setelah mendapatkan pertolongan medis oleh dokter, setiap penderita penyakit diabetes biasanya disarankan untuk berdiet sehat. Lantas makanan apa saja yang diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes? Berikut ini merupakan macam-macam makanan untuk diabetes yang perlu anda ketahui.

1. Beras merah.
Beras merah diperkaya oleh serat cukup tinggi dan memang menjadi salah satu makanan yang bagus buat setiap penderita diabetes. Makanan seperti beras merah ini diklaim lebih aman dikonsumsi sehari-hari dibandingkan mengkonsumsi beras putih yang memiliki kandungan gula lebih tinggi.

2. Gandum.
Gandum diperkaya serat sangat tinggi dan inilah yang menjadi salah satu alasan bila sejenis makanan tersebut sangat dianjurkan dikonsumsi bagi penderita diabetes. Memang gandum juga memiliki kandungan karbohidrat namun lebih kompleks, jadi mungkin lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Sayuran.
Berbagai jenis sayuran memang aman dikonsumsi oleh siapapun, bahkan sangat dianjurkan untuk setiap penderita diabetes. Sayuran diperkaya serat, vitamin, dan memiliki cukup antioksidan, sehingga anda tak perlu membatasi jumlah asupannya sehari-hari.

4. Buah-buahan.

Berbagai jenis buah-buahan memang kaya akan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak bisa anda konsumsi sembarangan karena cukup banyak mengandung gula. Bagi penderita diabetes baiknya mengkonsumsi buah-buahan seperti mengkudu, blueberry, dll.

5. Oatmeal.
Sebenarnya oatmeal adalah sejenis makanan instan. Meski begitu makanan seperti ini masih diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pasalnya oatmeal merupakan sejenis makanan yang terbuat dari gandum utuh, sehingga tak berpengaruh terhadap kondisi diabetes yang diderita.

Berbagai jenis makanan yang manis memang berpotensi membuat tekanan gula darah melonjak. Untuk itulah, sebaiknya anda lebih mencari sumber pemanis yang aman buat tubuh dan salah satunya ialah produk pemanis dari Tropicana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *