Sebelum Bertambah Parah Kenali Beberapa Gejala Penyakit Stroke Ini!

Gejala Penyakit Stroke

Salah satu jenis penyakit paling mematikan yang banyak merenggut nyawa masyarakat di Indonesia adalah stroke, berbeda dengan jenis penyakit lainnya seperti halnya kanker ataupun AIDS yang masih memiliki waktu untuk pengobatan atau terapi, maka stroke ini tidak, terbilang sangat singkat angka harapan hidup bagi mereka yang sudah terjangkit kondisi dimana sistem aliran darah dari jantung menuju otak terputus yang disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah tersebut. Bahkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini kian lama kian tinggi, sehingga patut untuk diwaspadai.

Sebagian besar yang terserang penyakit tersebut memang adalah orang-orang dengan usia lanjut, diantaranya mulai dari 30 tahun, hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa stroke sebenarnya juga bisa menyerang mereka yang usianya masih muda. Setidaknya penting sekali untuk melakukan langkah pertolongan pertama jika sudah merasakan gejala-gejala penyakit tersebut. Berikut ini beberapa diantara gejala yang wajib untuk dikenali, sehingga langkah pertolongan tidak sia-sia, diantaranya adalah:

  1. Cara bicara penderita stroke sudah mulai kacau, bagian yang sering kali mendapatkan respon paling cepat ketika terjangkit masalah kesehatan yang satu ini adalah lidah atau indera untuk berbicara. Sudah mulai sulit untuk digunakan sehingga cara berbicaranya menjadi kacau. Tidak jelas bahkan terbalik-balik, namun penderita stroke sendiri tidak menyadarinya.
  2. Wajah mulai berubah, kondisinya adalah salah satu bagian syaraf tersebut mulai mengalami penurunan, misalnya adalah bagian mata atau mulut. Sehingga jika dilihat mengalami mati wajah sebelah, sebagian dari tubuh tak bisa digunakan lagi, utamanya adalah wajah.
  3. Salah satu bagian lengan juga mengalami kelumpuhan, tak hanya wajah, melainkan bagian dari lengan atau tubuh sendiri juga akan lumpuh ketika sudah terserang masalah kesehatan yang satu ini, sehingga patut hati-hati.
  4. Penglihatan mulai kabur, syaraf pada bagian mata juga akan mulai bermasalah, penglihatan menjadi tidak jelas kembali.

Hati-hati karena biasanya stroke menyerang secara tiba-tiba, resiko kematiannya juga lebih besar dibandingkan dengan jenis penyakit yang lainnya, kebanyakan penderita akan mengalami kelumpuhan seketika.

Leave a Reply