Ini Dia Ramuan Alami Obat Batuk Anak Aman dan Manjur

Musim pancaroba mengundang banyak penyakit ringan, seperti batuk dan flu. Memang tidak semua orang akan mengalaminya, ini terjadi pada orang dengan sistem pertahanan (imun) rendah. Anak-anak termasuk memiliki sistem imun rendah, sehingga sangat mudah tertular, apalagi media penukaran penyakit ringan tersebut langsung dari udara. Bisa jadi di rumah baik-baik saja, namun ketika berada di luar rumah langsung tertular dari teman bermain atau saat di sekolah.

Mengatasi anak yang sedang batuk dan flu memang sangat melelahkan, apalagi untuk usia di bawah 3 tahun. Balita hanya akan menangis dan tidak berhenti sebelum rasa sakit berkurang, apalagi ini di perparah dengan nafsu makan menurun, sehingga sistem imun tidak lagi bisa memberikan pertahanan tubuh. Tidak banyak obat yang boleh di konsumsi karena mempengaruhi masa pertumbuhan emas. Kenapa tidak memilih pengobatan tradisional yang tidak memberikan efek samping seperti obat-obatan berbahan kimia.

Berikut ini beberapa pilihan ramuan alami yang berkhasiat menyembuhkan batuk, bahkan sudah digunakan secara turun temurun:

  • Ramuan jeruk dan kecap. Ini sudah digunakan sejak zaman dahulu dan tetap jadi obat manjur untuk mengatasi batuk, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Peras jeruk nipis dan tambahkan dengan kecap manis, gunakan perbandingan 1:1, berikan pada anak setelah makan 3 kali sehari. Waktu istirahat cukup akan membuat batuk hilang dan anak-anak bisa tidur dengan tenang.
  • Madu. Hasil alam yang memberikan banyak manfaat ini akan disukai anak, karena rasanya yang manis sehingga tidak seperti diberikan obat. Tidak perlu membujuk dengan susah, campurkan saja pada makanan atau minuman hangat. Sebelum tidur berikan satu sendok makan, ini akan membuat waktu istirahat tenang dan batuk pun menghilang.
  • Air putih. Tidak ada obat yang tepat untuk menyembuhkan batuk, tenggorokan hanya perlu diberikan banyak air. Jika memang sulit minum air, tambahkan dalam susu atau buat makanan berkuah bening maka batuk akan menghilang.

Batuk penyakit ringan yang bisa membuat anak rewel sepanjang hari, jika masih berupa gejala sebaiknya balurkan minyak telon ke seluruh bagian tubuh anak. Ajak untuk tidur, biarkan istirahat minimal 3 jam untuk jam tidur siang dan pastikan anak-anak sudah tertidur sebelum jam 9 malam, ini obat paling aman mengatasi batuk anak.

Leave a Reply