Resep Kue Kukus Gula Merah Merekah

Bolu merupakan salah satu jenis roti yang memang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia secara umum. Selain tekstur yang lembut pada rasa khas dari kue kukus ini menjadi daya tarik lain yang mampu memikat para penikmat kue ini untuk dapat terus menikmati kelezatan rasanya. Tidak hanya mudah untuk Anda dapatkan pada berbagai toko kue yang ada, kini pun Anda dapat membuatnya sendiri sebagai cemilan sehat bagi keluarga. Dengan bahan pembuatan alami dan peralatan yang sederhana, bolu kukus merekah rasa gula merah, akan menjadi sajian paling lezat yang dapat Anda ciptakan sendiri dari dalam dapur Anda. Penasaran dengan resep dan cara pembuatan kue bolu gula merah merekah ini? Simak tips pembuatannya berikut ini.

Artikel Lain : 2 Resep Kue Kukus Kekinian Yang Wajib Dicoba

Untuk dapat membuat kue ini, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah alat untuk membuat kue sederhana dan nikmat ini. Peralatan sederhana seperti panci kukus, baskom, kompor dan serbet, merupakan hal pertama yang harus Anda persiapkan dengan baik. Peralatan ini biasanya memang telah dimiliki oleh setiap dapur dalam rumah tangga, sehingga tidak akan membuat Anda repot untuk menyiapkannya. Setelah peralatan tersedia dengan baik, maka hal selanjutnya yang harus Anda persiapkan adalah membeli ataupun mempersiapkan bahan pembuatan dari kue bolu kukus tersebut.

Bahan Resep Kue Kukus Gula Merah

Bahan untuk dapat membuat roti kukus rasa gula merah ini, sangatlah mudah untuk Anda dapatkan di berbagai pasar tradisional, minimarket ataupun supermarket yang terdekat dengan wilayah domisili Anda. Adapun berbagai bahan pembuatan bolu kukus gula jawa yang harus Anda persiapkan, antara lain adalah :

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram.
  • Gula merah sisir sebanyak 200 gram.
  • Air sebanyak 200 ml air.
  • Garam ¼ sendok teh.
  • Vanilla bubuk ¼ sendok teh.
  • 3 lembar daun pandan.
  • Soda kue ½ sendok teh.
  • 2 kuning telur ayam.
  • ¼ sendok teh baking powder.
  • Gula pasir sebanyak 50 gram.
  • 100 ml mentega yang telah dicairkan.

Langkah Membuat Resep Kue Kukus Gula Merah

Setelah semua bahan telah Anda persiapkan dengan baik, maka Anda dapat memulai untuk membuat kue bolu kukus merekah rasa gula jawa tersebut dengan berbagai peralatan sederhana yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Adapun langkah untuk dapat membuat kue bolu kukus merekah rasa gula jawa tersebut, antara lain sebagai berikut :

  1. Buatlah terlebih dahulu larutan gula merah, dengan mendidihkan 200 ml air bersama dengan gula merah, ½ sendok teh vanili, ½ sendok teh garam serta 3 lembar daun pandan. Kemudian saringlah larutan tersebut, dan dinginkan hingga suhu ruangan.
  2. Siapkan 2 kuning telur, baking powder, gula pasir dan soda kue, kemudian mixerlah dengan kecepatan tinggi, hingga mengembang dan berwarna pucat.
  3. Setelah bahan tersebut mengembang, maka kecilkan speed mixer pada kecepatan paling rendah, kemudian secara berurutan masukkan larutan gula merah, tepung terigu, mixerlah hanya sampai adonan menjadi rata.
  4. Setelah rata matikan mixer, masukkan mentega cair dan aduklah menggunakan spatula hingga mentega benar-benar tercampur dengan rata.

Setelah adonan siap, maka masukkan adonan dalam cetakan bolu kukus, dan kukuslah menggunakan panci kukus dengan bagian tutup yang Anda beri alas serbet agar air tidak menetes pada adonan. Kukuslah selama 20 menit dan dapatkan hasil merekah yang akan membuat kue bolu Anda menjadi lebih menarik. Untuk dapat memperoleh kue kukus dengan kualitas yang baik bagi kesehatan, penggunaan mentega Blueband akan lebih dianjurkan untuk Anda gunakan, selain menyehatkan, kue pun akan menjadi lebih nikmat.

Leave a Reply