Sadari Dampak Polusi Udara pada Kulit

Dampak Polusi Udara – Polusi udara dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Dampak polusi udara bisa menghasilkan beragam masalah dari mulai penuaan dini hingga dapat menyebabkan kanker kulit yang cukup parah. Hal itu disebabkan tingkat paparan dan seberapa lama Anda terkena polusi tersebut.

Dari sekian banyak organ tubuh, kulit adalah organ terbesar tubuh yang berguna untuk melindungi tubuh dari radiasi ultraviolet, bahan-bahan kimia, dan juga kuman serta virus. Banyak yang tidak menyadari, jika paparan benda asing terhadap kulit tidak hanya terjadi di lingkungan luar, namun juga dapat terjadi bahkan di dalam rumah Anda dalam kegiatan sehari-hari.

Polusi yang ada di Lingkungan Luar

Begitu banyaknya variasi polusi di lingkungan luar seperti asap kendaraaan bermotor, asap rokok, atau limbah pabrik mengandung bermacam polutan yang akan menyebabkan timbulnya polusi udara yang dapat merusak kulit. Dampak polusi udara bahkan bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan kesehatan organ tubuh lain.

Polusi yang mencemari udara telah terbukti dapat menimbulkan banyak gejala penyakit pernapasan menyebabkan penyakit stroke, asma, dan bahkan dapat menyebabkan kematian dini.

Dampak polusi udara pada kulit bukanlah hal yang dapat diremehkan. Polusi setidaknya dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, merusak DNA pada sel kulit, mengganggu kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen, menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah, memperburuk penyakit kulit seperti psoriaris dan jerawat, juga dapat mengaktifkan molekul dalam kulit yang dapat menyebabkan munculnya bintik hitam pada kulit. Anda dapat menggunakan salah satu produk kecantikan Vaseline lotion agar kulit Anda dapat tercegah dari dampak-dampak yang dihasilkan polusi yang dapat merusak kulit Anda.

Polusi yang Ada di Rumah

Jika Anda berpikir bahwa polusi udara hanya terdapat di luar ruangan, maka Anda salah besar. Karena polusi udara bahkan bisa saja menecemari rumah Anda. Polusi dalam rumah pun tidak dapat dianggap enteng, bahkan polusi udara yang terdapat pada rumah Anda bisa jauh lebih buruk daripada polusi udara pada lingkungan luar.

Berbeda dari polusi yang terdapat di lingkungan luar, polusi udara dalam rumah dapat ditimbulkan oleh jamur, produk rumah tangga, pestisida dari buah-buahan, serta bahan bangunan yang digunakan di rumah seperti asbes dan juga timbal.

Berikut adalah beberapa hal berbahaya yang dapat menyebabkan hal yang serius yang mungkin ada dalam rumah Anda:

Bau perabotan yang biasanya kita sebut sebagai “bau barang baru”. Biasanya memang menghilang dalam waktu beberapa minggu, tapi emisi yang ditimbulkan dapat bisa saja tidak menghilang dan menjadi polusi di rumah.

Senyawa organik volatil yang berasal dari produk pembersih.

Pengharum ruangan yang menggunakan bahan kimia.

Serat kecil dari perabot yang terbang ke udara tiap kali Anda menyapu.

Asap rokok (jika ada anggota keluarga Anda yang merokok).

Leave a Reply